Gempa M 5,6 Guncang Cianjur, Puluhan Orang Meninggal Dunia

Gempa M 5,6 Guncang Cianjur, Puluhan Orang Meninggal Dunia
Internet

Riauaktual.com - Gempa Bumi dengan magnitude (M) 5,6 dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Pusat gempa ini berada di darat 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022), sekira pukul 13.21 WIB.

Dilansir melalui postingan Instagram milik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menampilkan video berisi kejadian pascagempa bumi di Cianjur.

"MUSIBAH GEMPA BUMI CIANJUR, yang terjadi tadi siang, menghancurkan banyak sekali bangunan. Dan menurut laporan Bapak Bupati sampai dengan tadi jam 16.00, terdapat 46 korban jiwa dan 700-an luka-luka.

Saya dan tim BPBD sedang menuju kesana untuk membantu koordinasi dan bantuan logistik bagi para korban bencana. TNI dan Polri pun sudah bahu membahu di lapangan menormalisasi situasi. Kelihatannya warga Cianjur juga membutuhkan uluran tangan kita para relawan kesehatan dan kebencanaan. Silakan segera mengoordinasikan diri.

DAN WASPADAI GEMPA SUSULAN, yang biasanya selalu beriringan dalam hitungan hari.

Sementara itu, mohon doanya dari kita semua untuk masyarakat Cianjur yang terdampak. Hatur Nuhun.

“Jika berniat membantu bisa via @jabarguickresponse." isi keterangan pada postingan tersebut.

Kepala BNPB Suharyanto saat konferensi pers via Zoom bersama BMKG menyebutkan banyaknya korban meninggal dunia lantaran kondisi rumah-rumah di Cianjur yang tidak tahan gempa. Selain itu, gempa terjadi di siang hari.

"Kita bayangkan saja ini siang hari kejadian, dan warga tinggal di rumah-rumah tidak tahan gempa, begitu ada gempa ya langsung ambruk," ucapnya.

Dia berharap ini menjadi pelajaran untuk ke depannya. Dia meminta agar ke depannya rumah-rumah di wilayah rawan gempa disiapkan yang tahan gempa.

"Ini jadi PR kita bersama bagaimana menyiapkan rumah rumah tahan gempa yang sekarang sudah berdiri," ujar dia.

Berita Lainnya

index