4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Meningkatkan Risiko Obesitas

4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Meningkatkan Risiko Obesitas
penyebab obesitas

Riauaktual.com - Jangan pernah anggap remeh obesitas. Obesitas bisa menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya untuk kesehatan, salah satunya jantung.

Anda tentu tidak ingin memiliki berat badan berlebih.

Untuk itu, Anda tentu harus menurunkan berat badan agar terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko Anda terserang obesitas. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Sering stres

Bagi beberapa orang, kondisi emosional bisa memengaruhi pola makan. Tidak jarang, seseorang menjadi banyak makan ketika stres, sedih, bosan, atau marah.

Sekitar 30 persen penderita obesitas bermasalah dengan kondisi psikologis, dan menjadi makan secara berlebihan.

2. Kurang tidur dan terlalu banyak tidur

Perut yang membuncit disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti pola tidur yang tak teratur. Kurangnya waktu tidur membuat perubahan hormon dan menyebabkan kelaparan pada jam malam. Alhasil, karena lapar ada kecenderungan memakan makanan tinggi kolesterol di malam

3. Makan sambil menonton TV

Kebiasaan makan sambil menonton televisi juga memicu kegemukan. Pasalnya, kebiasaan ini akan ikut mengganggu hormon saat proses mencerna makanan.

4. Makan berlebihan

Kebiasaan yang satu ini jelas memicu kegemukan. Makan dengan porsi yang berlebihan akan menimbun lebih banyak lemak jika tak disertai aktivitas atau olahraga yang bisa membakar kalori.

Berita Lainnya

index