Tiket Piala Dunia 2022 Qatar Termahal Sepanjang Sejarah, Cek Rincian Harganya

Tiket Piala Dunia 2022 Qatar Termahal Sepanjang Sejarah, Cek Rincian Harganya
Harga tiket Piala Dunia 2022 Qatar termahal sepanjang sejarah.

Riauaktual.com - Harga tiket Piala Dunia 2022 Qatar diklaim sebagai yang paling mahal sepanjang sejarah perhelatan turnamen sepak bola terakbar sejagad raya ini.

Suporter yang ingin menonton langsung pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar akan membayar harga tiket 40 persen lebih tinggi dibanding mereka yang menonton edisi 2018 di Rusia.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan Keller Sports, dikutip Pojoksatu.id dari Reuters, Jumat (18/11), membuat rata-rata harga tiket pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar.

Kemudian membandingkan dengan harga tiket Piala Dunia edisi-edisi sebelumnya.

Penonton PD 2018 di Rusia membayar rata-rata 214 poundsterling atau hampir Rp4 juta (kurs 1 pound = Rp18.500) untuk satu tempat duduk.

Sementara tiket pertandingan di Qatar rata-rata berharga 286 pound (Rp5,3 juta), menurut penelitian penyedia perlengkapan olahraga yang berbasis di Munich, Jerman itu.

Harga tiket Piala Dunia Qatar dianggap yang termahal dalam 20 tahun terakhir, dengan harga tiket final 59 persen lebih tinggi dari empat tahun lalu.

“Piala Dunia di Qatar sudah dianggap sebagai Piala Dunia termahal yang pernah ada. Pembangunan enam stadion baru dan renovasi total dua arena lain di negara itu dikatakan menelan biaya sekitar 3 miliar US dollar,” kata studi tersebut.

“Lebih banyak uang dihabiskan untuk memperluas infrastruktur ibu kota Doha, seperti jalur transportasi dan rekonstruksi bandara internasional.”

“Tidak mengherankan bahwa Piala Dunia di Qatar juga merupakan Piala Dunia dengan rata-rata tiket termahal.”

FIFA sebelumnya mengatakan hampir tiga juta tiket di delapan stadion di Qatar telah terjual menjelang 20 November-Desember. Mereka cukup antusias menyaksikan Piala Dunia pertama yang diadakan di Timur Tengah.

Tiket untuk Piala Dunia 2006 di Jerman dianggap paling murah dalam 20 tahun terakhir, dengan biaya rata-rata 100 pound (Rp1,85 juta) untuk pertandingan sementara tiket ke final di Olympiastadion Berlin menelan biaya rata-rata 221 pound per kursi.

Rincian Harga Tiket Piala Dunia 2022 Qatar

Kategori paling murah yakni kategori 4 yang dijual khusus untuk penduduk Qatar. Artinya, bagi turis atau suporter yang datang dari negara lain akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.

Tiket termurah di babak grup dijual dengan harga 250 Riyal Qatar atau sekitar Rp1 juta (kurs 1 riyal Qatar = Rp4.300) dan tiket termahal dijual dengan harga 800 Riyal Qatar atau sekitar Rp3,3 juta.

Di babak 16 besar, tiket termurah dijual dengan harga 350 Riyal Qatar atau sekitar Rp1,4 juta dan tiket termahalnya dijual dengan harga 1000 Riyal Qatar atau sekitar Rp4,1 juta.

Lalu di babak perempat final, tiket termurah dijual dengan harga 750 Riyal Qatar atau sekitar Rp3 juta dan tiket termahalnya dijual dengan harga 1550 Riyal Qatar atau sekitar Rp6,3 juta.

Pada babak semifinal, tiket termurahnya dibanderol dengan harga 1200 Riyal Qatar atau sekitar Rp5 juta dan tiket termahalnya dibanderol dengan harga 3480 Riyal Qatar atau sekitar Rp14 juta.

Sementara itu, tiket termurah untuk pertandingan final dijual dengan harga 2200 Riyal Qatar atau sekitar Rp9 juta dan 5850 Riyal Qatar atau sekitar Rp24 juta untuk tiket termahalnya.

Selain harga tiketnya yang mahal, ongkos menonton langsung Piala Dunia tahun ini jadi yang termahal bagi fans adalah karena biaya akomodasi dan penerbangannya yang sangat tinggi.

 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Berita Lainnya

index