Misbakhun : KTT G20 di Indonesia Berkelas dan Terbaik

Misbakhun : KTT G20 di Indonesia Berkelas dan Terbaik
Dialektika bertema 'Dampak KTT G20 dan B20 Bagi Ekonomi Indonesia dan Dunia' di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (17/11/2022).

Riauaktual.com - Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia dinilai bakal menjadi standar baru presidensi selanjutnya. Penilaian tersebut dilatari atas keramahtamahan (hospitality) Presiden Joko Widodo yang belum pernah dilakukan oleh pemimpin negara lain sebelumnya yang pernah menjadi tuan rumah G20.

"Presidensi kali ini akan menjadi standar baru bagi penyelenggaraan G20. Indonesia memberikan standar baru bagaimana memperlakukan para kepala negara beserta delegasinya," ujar Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun dalam dialektika bertema 'Dampak KTT G20 dan B20 Bagi Ekonomi Indonesia dan Dunia' di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (17/11/2022).

Menurut Misbakhun, meski Rusia tidak mendatangkan kepala negaranya, namun negara berjuluk beruang merah tersebut dapat menerima leaders declaration yang isinya sangat sejuk, solutif, dan akan menjadi guideline perjalanan dan arah G20 ke depan.

"KTT G20 di Bali kemarin berkelas dan memiliki makna kuat dalam menyajikan pesan perdamaian. Ini adalah G20 terbaik yang pernah ada," kata Misbakhun.

Politikus Golkar ini menilai, keberhasilan perhelatan KTT G20 di Indonesia terlihat bagaimana deklarasi bersama para pemimpin negara yang tercantum dalam Bali Leaders Declaration 2022 bisa dihadirkan di tengah situasi panas geopolitik global.

"Bagaimana situasi yang keras bisa landai, ini melebihi ekspektasi semua. dan saya juga tidak bisa memperkirakan bahwa ternyata semua isu bisa diselesaikan penuh pengertian dan kedamaian, baik itu di pertemuan unilateral dan bilateral,"  kata Misbakhun.

Ditambahkan Misbakhun, keberhasilan perhelatan KTT G20 di Indonesia terlihat bagaimana deklarasi bersama para pemimpin negara yang tercantum dalam Bali Leaders Declaration 2022 dapat dihadirkan di tengah situasi panas geopolitik global.

"Bagaimana situasi yang keras bisa landai, ini melebihi ekspektasi semua. dan saya juga tidak bisa memperkirakan bahwa ternyata semua isu bisa diselesaikan penuh pengertian dan kedamaian, baik itu di pertemuan unilateral dan bilateral," ujarnya.

Sementara legislator Fraksi PKB Maman Imanulhaq berharap pertemuan para presiden negara Anggota G20 di Bali. Indonesia, lanjut Maman, harus dapat menjadi komunikator kepentingan sejumlah negara besar agar mau bersatu untuk menyeselaikan persoalan dunia.

'Jangan sampai pertemuan ini sia-sia. Saya mengutip apa kata Presiden Jokowi ‘mata dunia tertuju pada pertemuan kita, apakah kita akan mencetak keberhasilan atau akan menambah satu lagi angka kegagalan," ujarnya.

Maman pun memberikan memberi apresiasi atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Apalagi, Indonesia terlihat sangat punya andil dan pengaruh lebih di antara para anggota G20 yang diisi oleh negara-negara pemilik PDB terbesar dunia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index