Seekor Anak Gajah Sumatera Tergelincir Masuk Galian Parit di Siak

Seekor Anak Gajah Sumatera Tergelincir Masuk Galian Parit di Siak
Seekor Anak Gajah Sumatera Tergelincir

Riauaktual.com - Seekor anak gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) tergelincir dan masuk ke dalam galian parit di Desa Lubuk Umbat, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Senin (14/11/2022).

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman S. Hasibuan melalui keterangan tertulis menjelaskan, bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat.

"Dari informasi Tim BBKSDA Riau langsung berkoordinasi dengan pihak perusahaan agar mendatangkan alat berat untuk mengevakuasi anak gajah. Dari identifikasi GPS yang dipasangkan pada leher, gajah tersebut bernama Seruni yang sedang membantu anaknya Rimba," katanya, Selasa (15/11/2022).

Genman melanjutkan, Rimba tergelincir ke dalam parit diperkirakan karena hujan yang mengguyur daerah tersebut sehingga tanahnya licin.

"Akibatnya Rimba tergelincir telentang didalam parit. Sementara induknya Seruni tidak bisa membantu Rimba akibat parit yang cukup dalam," sambung Genman.

Awalnya Seruni seperti memberontak dan mempertahankan anaknya karena beranggapan alat berat yang membantu evakuasi akan mencelakakan Rimba.

Namun melihat situasi yang cukup memprihatinkan, operator alat berat tetap mencoba membuat Rimba dapat bangkit kembali dengan bantuan induknya.

Akhirnya Seruni dapat menggapai anaknya dan Rimba dapat kembali berdiri. Usai berhasil keluar dari lubang, dua satwa tersebut pun melenggang pergi mengikuti kelompoknya yang berbeda di HTI PT Arara Abadi.

"Tim sudah menutup galian tersebut. Untuk dua ekor gajah tersebut langsung pergi dari lokasi setelah berhasil dievakuasi," tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index