Pemkab Rohul Fokus Pada Lima Prioritas Pembangunan Daerah

Pemkab Rohul Fokus Pada Lima Prioritas Pembangunan Daerah
Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, M Zaki

Riauaktual.com - Sesuai yang tertuang di dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan fokuskan pada lima prioritas pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, M Zaki saat rapat Paripurna penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2023.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra dihadiri oleh anggota DPRD dan beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul.

Dalam rapat Paripurna, Sekda Rohul M Zaki mengakui kebijakan umum APBD merupakan turunan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah yang berkesinambungan dengan memperhatikan asumsi-asumsi yang saling mempengaruhi arah kebijakan pembangunan dan prioritas daerah yang telah direncanakan dan ditetapkan.

“Sebagai upaya mewujudkan tujuan pembangunan daerah tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengimplementasikannya kedalam rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun anggaran 2023 yang telah ditetapkan dengan peraturan Bupati Rokan Hulu nomor 25 tahun 2022 tentang rencana kerja pemerintah daerah kabupaten rokan hulu tahun anggaran 2023,” kata Sekda.

Lanjut Sekda, ada lima rencana prioritas pembangunan daerah untuk kemajuan Negeri Seribu Suluk, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Rokan Hulu.

“Yang pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemenuhan dan peningkatan akses dan mutu pendidikan dan kesehatan, yang kedua pengembangan sektor-sektor strategis ekonomi lokal menopang perekenomian daerah untuk dapat bersaing dan menurunkan angka kemiskinan peningkatan sektor industri kecil menengah dan pariwisata,” jelas Sekda.

Selain itu, Pemenuhan infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan sesuai tata ruang dan lingkungan hidup, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tenteram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda serta peningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik serta menjamin kehidupan politik dan penegakan hukum.

“Kelima prioritas pembangunan ini kemudian telah dirumuskan kedalam bentuk program kegiatan pada masing-masing satuan kerja perangkat daerah dengan arah kebijakan, target dan sasaran pembangunan yang harapannya nanti dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambah Sekda.

Diakui Sekda, lima program prioritas pembangunan daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun anggaran 2023 tentu diikuti dengan beberapa substansi pendukung lainnya, salah satunya kebijakan pendapatan daerah pada rancangan kebijakan umum APBD tahun anggaran 2023 direncanakan sebesar satu triliun enam puluh lima milyar, enam ratus lima puluh sembilan juta, tiga puluh enam ribu lima ratus Rupiah.

“Kebijakan belanja daerah pada rancangan kebijakan umum APBD tahun anggaran 2023 direncanakan sebesar satu triliun enam puluh lima milyar, enam ratus lima puluh sembilan juta, tiga puluh enam ribu lima ratus Rupiah dan kebijakan pembiayaan

pada komponen pembiayaan ini, pada rancangan kebijakan umum APBD tahun anggaran 2023 direncanakan nihil,” pungkas Sekda.

Berita Lainnya

index