Bupati Alfedri Ingatkan Pimpinan OPD Membeli Kebutuhan Barang dan Jasa Menggunakan Produk Lokal

Bupati Alfedri Ingatkan Pimpinan OPD Membeli Kebutuhan Barang dan Jasa Menggunakan Produk Lokal
Bupati Siak Drs. H. Alfedri, MS.i

Riauaktual.com - Untuk memenuhi kebutuhan belanja barang dan jasa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, Bupati Alfedri mewajibkan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membeli produk-produk lokal Siak, terutama kue-kue buatan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Alfedri menyebutkan, saat dirinya mengikuti program Bujang Kampung di Kampung Penyengat, Kecamatan Sungai Apit melihat kreativitas UMKM Ratu Penyengat yang mengolah nanas menjadi kue Nastar memiliki rasa sangat nikmat, dan perlu mendapat suport dari pemerintah agar produk tersebut laku di pasaran.

"Saya minta bagian Umum, tolong di ruangan saya dan pak wabup beli produk UMKM kue Nastar Ratu Penyengat, untuk disajikan bagi para tamu. Saya juga minta kepada kepala Dinas, jika ada kegiatan atau agenda rapat butuh konsumsi beli produk UMKM Kabupaten Siak,"cakap Alfedri Selasa (11/10/2022).

Ia menegaskan, mulai dari belanja barang yang berkaitan dengan sovenir, konsumsi, pengadaan elektronik yang berbentuk pengadaan, produk dari UMKM Kabupaten Siak diprioritaskan.

Sehingga dengan begitu produk-produk yang dihasilkan UMKM Siak mampu terjual dengan mudah juga mampu bersaing dengan produk luar Siak.

"Saya minta kepala Dinas, dalam belanja barang dan jasa seperti alat tulis kantor apapun lainnya, selagi penyedia barang dan jasanya di Kabupaten Siak tolong diprioritaskan dibeli,"tegas Alfedri.

"Ini merupakan upaya untuk menggenjot penyerapan produk lokal dalam negeri melalui belanja pemerintah daerah. Saya sarankan, membelinya melalui e-katalog lokal atau koko daring," tambahnya.

Selain itu, kata Alfedri untuk mendorong produk UMKM Siak di pasaran, beberapa hari lalu ia sudah MoU dengan Indomaret.

Kata Alfedri, ada sekitar 80 produk Siak siap dipasarkan di Indomaret. "Artinya ini membuka peluang bagi UMKM kita untuk memasarkan produknya di Indomaret," ujarnya.

Selain itu, beberapa hari lalu, UMKM Siak diberikan pelatihan produk apa yang bisa dipasarkan di Indomaret se-Indonesia.

"Makanya nanti tolong dilihat list nya UMKM mana yang sudah bisa dipasarkan produknya di Indomaret itu bisa dibeli oleh dinas-dinas," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index