Istri Bupati Siak Gandeng PT BSP Untuk Meningkatkan Kapasitas PAUD se Kabupaten Siak

Istri Bupati Siak Gandeng PT BSP Untuk Meningkatkan Kapasitas PAUD se Kabupaten Siak
Bunda Pokja Paud Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri membuka kegiatan kerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako untuk meningkatkan kapasitas PAUD

Riauaktual.com - Bunda Pokja Paud Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri membuka kegiatan kerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako untuk meningkatkan kapasitas pendidikan anak usia dini (PAUD) holistik integratif (HI) di ruang kelas TK Payung Negeri Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Senin (10/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Pusako, Ketua Program Kerja (Pokja) PAUD Kabupaten Siak Dra. Hj. Kamizah beserta pengurus. Narasumber Zulfitri S.Pd AUD, Bunda Paud Kecamatan Pusako dan Kampung Dosan, beberapa kepala sekolah, guru TK dan PAUD Negeri Pembina se Kecamatan Pusako.

Disampaikan Rasidah, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyukseskan program merdeka belajar kepada anak.

"PAUD memiliki peran yang sangat strategis untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berkarakter. Kegiatan pada hari ini merupakan salah satu usaha nyata yang kita lakukan bersama, agar layanan PAUD yang ada di Kabupaten Siak benar-benar berkualitas,"ujarnya, Senin (10/10).

Ia menjelaskan, program layanan dalam PAUD HI terdiri dari 5 (lima) jenis layanan. Antara lain, layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan dan layanan kesejahteraan.

Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan, terkoordinasi dan terintegrasi secara terus menerus.

"Dengan demikian, pengurus Pokja Bunda Paud juga harus ada di setiap kecamatan dan kampung di Kabupaten Sia ini," ulasnya.

Selain itu, kata Rasidah, pendidikan anak usia dini merupakan periode emas yang keberhasilannya menentukan kualitas anak dimasa depan. Oleh karena itu PAUD yang bekualitas diharapkan juga mampu menurunkan angka stunting di kabupaten Siak.

"Program PAUD HI ini, sangat strategis dalam rangka mengurangi, dan melakukan pencegahan penurunan angka stunting, karena ditempat ini bisa dijadikan forum untuk memberikan edukasi kepada orangtua bagaimana pola asuh, pola makan dan sanitasi yang baik bagi anak-anak kita," kata istri Bupati Siak itu.

Lebih lanjut, Rasidah mengatakan kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan evaluasi, monitoring dan pembinaan yang dilaksanakan pada tahun lalu.

"Sebagai Bunda PAUD Kabupaten Siak, tentunya saya tidak bisa melaksanakan berbagai program kegiatan. Oleh karena itulah dibentuk Pokja Bunda Paud untuk membantu melaksanakan berbagai kegiatan," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index