6 Makanan Pantangan untuk Orang Sakit Tipes

6 Makanan Pantangan untuk Orang Sakit Tipes
Makanan pantangan untuk orang sakit tipes (Foto: Timesofindia)

Riauaktual.com - TIPES adalah penyakit dari infeksi bakteri Salmonella typhi yang gampang menular. Penderita tipes sebaiknya berhati-hati untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi agar tidak memperburuk kondisi tubuh.

Tentu penyakit tipes bisa berdampak fatal jika tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, penderita tipes sebaiknya memperhatikan dan menjaga pola makan yang benar sebelum hal lebih buruk terjadi pada tubuh.

Penting untuk mengetahui beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi agar mempercepat penyembuhan tipes. Berikut 6 makanan pantangan untuk orang sakit tipes yang dirangkum dari parentinghealthybabies.com

1. Daging

Daging
 

Sebaiknya hindari memakan daging minimal selama dua minggu selama tifus. Hal ini dikarenakan daging adalah sumber karbohidrat yang tinggi. Daging memiliki serat yang kasar hingga dapat memperburuk kondisi tubuh.

2. Makanan berserat tinggi

Penderita tipes sebaiknya menghindari makanan tinggi serat seperti gandum, oatmeal, sayuran mentah, dan roti. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat menambah stres pada sistem pencernaan tubuh.

3. Gorengan

Makanan tinggi kalori seperti gorengan tentu memberikan dampak yang buruk pada hati dan sistem pencernaan. Oleh karena itu sebaiknya hindari makanan gorengan seperti ayam goreng, martabak telor, dan tempe goreng agar mempercepat penyembuhan tipes.

4. Makanan pedas

Penderita tipes juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dikarenakan makanan pedas tidak baik dikonsumsi untuk sistem pencernaan dan dapat memperburuk demam pada tipes.

5. Ikan asin

Ikan asin menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat sakit tipes. Ikan asin juga memiliki kandungan serat yang tinggi hingga dapat membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencernanya. Sebaiknya konsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh saat sakit tipes.

6. Kopi

Tentu kopi tidak baik untuk sistem pencernaan karena mengandung kafein. Hal ini hanya dapat memperburuk gejala demam tifoid seperti diare. Oleh karena itu sebaiknya penderita tipes berhenti minum kopi jika rutin mengkonsumsinya.

Berita Lainnya

index