5 Alasan Mengapa Harus Tidur Cukup

5 Alasan Mengapa Harus Tidur Cukup
Ilustrasi (foto: istimewa)

Riauaktual.com - MENDAPATKAN tidur yang cukup pada malam hari ini sangat penting bagi kesehatanmu. Faktanya hal ini sama pentingnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat, hingga berolahraga.

Kurang tidur dapat membahayakan kesehatan dan keselamatanmu, oleh karena itu penting untuk memprioritaskan dan melindungi tidurmu setiap hari. Berikut ini adalah 5 Alasan yang dilansir dari Healthline mengapa kamu harus tidur cukup!

1. Dapat membantu Anda mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Efek kurang tidur juga berpengaruh dengan penambahan berat badan yang dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk hormon dan motivasi untuk berolahraga

Misalnya, kurang tidur meningkatkan kadar ghrelin dan menurunkan kadar leptin. Ghrelin adalah hormon yang membuat kita merasa lapar sedangkan leptin membuat kita merasa kenyang. Ini dapat menyebabkan kita merasa lebih lapar dan makan berlebihan.

Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa individu yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

2. Dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Kognisi, konsentrasi, produktivitas, dan kinerja semuanya dipengaruhi secara negatif oleh kurang tidur. Pada catatan yang sama, tidur yang cukup dapat meningkatkan kinerja akademik pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Akhirnya, tidur yang cukup terbukti meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan kinerja memori pada anak-anak dan orang dewasa.

3. Menguatkan organ hati

Kualitas dan durasi tidur yang rendah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Terlebih lagi, tidur dalam waktu singkat atau pendek kemungkinan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, terutama pada mereka yang menderita apnea tidur obstruktif – suatu kondisi yang ditandai dengan pernapasan yang terganggu saat tidur.

Faktanya, suatu penelitian menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko 61% lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang tidur 7 jam.

Menariknya, tidur berlebihan pada orang dewasa lebih dari 9 jam juga terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Kurang tidur berkaitan dengan depresi 

Dalam sebuah penelitian, orang dengan gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur obstruktif juga melaporkan tingkat depresi yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur dan melihat kesehatan mentalmu memburuk, penting untuk berbicara dengan profesional kesehatan yang ada.  

5. Dapat memaksimalkan kinerja atletik 

Tidur telah terbukti meningkatkan kinerja atletik. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, waktu reaksi, kekuatan otot, daya tahan otot, dan keterampilan memecahkan masalah. Terlebih lagi, kurang tidur dapat meningkatkan risiko cedera dan menurunkan motivasimu untuk berolahraga

Berita Lainnya

index