Tunggu Persetujuan TAPD, Diskes Pekanbaru Sambut Baik Usulan Tambahan Anggaran Bidang Kesehatan

Tunggu Persetujuan TAPD, Diskes Pekanbaru Sambut Baik Usulan Tambahan Anggaran Bidang Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy 

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menyambut baik usulan dari DPRD terkait tambahan prioritas anggaran dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk bidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih menyebut, beberapa waktu lalu pihaknya menggelar rapat kerja dengan komisi III DPRD. Waktu itu ditanyakan beberapa hal termasuk belakangan ini timbul masalah seperti kasus DBD yang meningkat termasuk kuota KIS yang habis.

"Sedangkan masyarakat masih banyak yang membutuhkan. Karena itu kami menyambut baik adanya usulan penambahan anggaran tapi masih menunggu persetujuan dari TAPD," terang Zaini Jumat, (30/9/2022).

Menurutnya, dalam rapat kerja itu Komisi III berharap kepada Pemko Pekanbaru untuk menganggarkan insentif kader Posyandu selama 12 bulan. Sebab untuk anggaran kader itu ada pada Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, namun semua itu tergantung anggaran.

"Karena itu kita belum tambahkan anggaran kesehatan itu karena masih menunggu persetujuan dari TAPD," ulasnya.

Ia berharap, penambahan anggaran kesehatan itu bisa secepatnya disetujui karena untuk KIS masih banyak warga yang membutuhkan. Termasuk saat ini kasus DBD sudah mulai meningkat.

"Intinya, kalau kita diizinkan menambah anggaran kesehatan itu akan kita tambah, baik di APBD- Perubahan 2022 ataupun di APBD murni 2023. Tahun ini untuk program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) KIS, kita menganggarkan sebesar Rp17 miliar. Jadi kita menghitung, masih ada di angka 16 persen atau sekitar 150 ribu warga untuk mencapai cakupan semesta," pungkasnya. 

Berita Lainnya

index