Delapan Manfaat Kesehatan Nan Mengejutkan dari Memiliki Akuarium di Rumah

Delapan Manfaat Kesehatan Nan Mengejutkan dari Memiliki Akuarium di Rumah
Ilustrasi akuarium. ©Shutterstock.com/ Dmitrijs Mihejevs

Riauaktual.com - Salah satu hobi yang ditekuni oleh banyak orang adalah memiliki hewan peliharaan di rumah. Ada yang memiliki anjing, kucing, burung, maupun ikan.

Salah satu peliharaan yang ditekuni oleh banyak orang adalah memelihara ikan. Karena ikan hidup di air, oleh karena itu dibutuhkan akuarium atau kolam untuk bisa memeliharanya di rumah.

Akuarium sudah tentu lebih hemat tempat dan murah dibanding memiliki kolam ikan di rumah. Memiliki akuarium ini bisa jadi cara menyenangkan dan menghibur diri yang kita miliki di rumah.

Namun, siapa sangka bahwa memiliki akuarium ternyata juga bisa berdampak positif terhadap kesehatan. Dilansir dari fiskeepingadvice.com, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa muncul dari memiliki akuarium di rumah.

Baik Bagi Kesehatan Mental

1. Menurunkan Stres

Memiliki akuarium di rumah bisa menjadi sebuah terapi dan meditasi yang menenangkan jiwa. Memandang akuarium bisa membuat hati lebih tenang dan menurunkan stres yang muncul seharian.

Keberadaan alam dan suara gemericik air dari akuarium bisa menjadi sangat menenangkan. Oleh karena itu, bagi kesehatan mental, memiliki akuarium bisa sangat membantu.

2. Meredakan Kecemasan

Ketika kita tengah cemas, banyak hal yang berada di dalam kepala kita dan kita menjadi berpikir berlebihan. Kondisi ini membuat kita menjadi tak nyaman dan takut untuk bertindak.

Memiliki akuarium bisa menjadi cara yang mudah di dalam rumah untuk menenangkan diri dan meredakan kecemasan. Efek meditatif dan menenangkan jiwa dari akuarium bisa membuat kecemasan yang muncul menjadi reda dan sirna.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian yang dilakukan oleh University of Plymouth mengungkap bahwa memandang akuarium bisa menurunkan detak jantung hingga tujuh persen. Hal ini berdampak sangat baik terutama pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Meredakan Rasa Sakit

Keberadaan akuarium diketahui bisa meredakan rasa cemas, menurunkan stres, serta bahkan menurunkan rasa sakit. Hal ini menyebabkan mengapa pada klinik perawatan gigi, biasanya dipajang sebuah akuarium untuk meredakan seluruh rasa takut dan sakit yang mungkin muncul.

5. Membantu Anak Hiperaktif

Pada anak hiperaktif, keberadaan akuarium bisa membantu mereka untuk menjadi nyaman di malam hari dan merasa lebih nyaman. Lebih lanjut, keberadaan akuarium bisa menekan kondisi hiperaktif pada anak serta meningkatkan rasa ingin tahu serta apresiasi mereka terhadap dunia luar.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat meredakan stres dan kecemasan dari akuarium bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Dampak menenangkan akuarium serta suara yang dihasilkan bisa sangat membantu dalam membantumu lebih cepat terlelap.

7. Baik bagi Penderita Alzheimer's

Sebuah penelitian dari Purdue University menunjukkan bahwa keberadaan akuarium di rumah sangat bermanfaat bagi penderita Alzheimer's. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini bisa meningkatkan mood, kewaspadaan, selera makan, serta menurunkan perilaku agresif.

Selain itu, keberadaan akuarium juga bisa berdampak positif pada tekanan darah serta terhadap stres dan kecemasan. Oleh karena itu, keberadaan akuarium ini sangat penting terutama bagi mereka yang berisiko mengalami Alzheimer's.

8. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari akuarium adalah meningkatkan produktivtas dan kreativitas. Stimulasi visual dari akuarium bisa membantu meningkatkan kemampuan kreatif serta meredakan rasa stres. Dampaknya, hal ini bisa meningkatkan produktivitas yang kamu miliki sehingga kamu tetap fokus.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index