Nama Muhammad Taher Melekat di Perpustakaan SMPN 2 Inuman Kuansing Riau

Nama Muhammad Taher Melekat di Perpustakaan SMPN 2 Inuman Kuansing Riau
Sekolah SMP Negeri 2 Inuman di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Riauaktual.com - Nama Muhammad Taher menjadi nama Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Inuman di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Muhammad Taher dikenal sebagai perintis berdirinya SMPN 2 Inuman tahun 1990. Dimana pada 23 Agustus 1993 sekolah ini berstatus sekolah negeri dan sebelumnya memiliki nama SMPN 3 Cerenti.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang pendirian perpustakaan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Inuman.

Surat keputusan itu dengan nomor : 041/DIPERSIP-UM/38 yang di tetapkan pada tanggal 13 September 2022 yang di tanda tangani langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kuantan Singingi Asnul SPd.

Kepala sekolah SMPN 2 Inuman Gusnery Maylis SPd kepada Riauaktual.com mengatakan, bahwa perpustakaan di sekolah yang ia pimpin sudah mendapatkan surat keputusan dari Dipersip Kuansing.

"Alhamdullilah beberapa waktu lalu SK pendirian perpustakaan sudah kita terima, Perpustakaan SMPN 2 Inuman diberi nama dengan Muhammad Taher," katanya, Senin (26/9/2022).

Gusnery menjelaskan, alasan nama Muhammad Taher dilekatkan pada nama perpustakaan di sekolahnya sebagai bentuk mengenang jasa Muhammad Taher.

"Kita kenang jasa Pak Muhammad Taher pada sekolah ini. Karena beliau merupakan salah satu perintis berdirinya sekolah ini," ujarnya.

Lanjut Gusnery, perjuangan Pak Muhammad Taher bersama kawan-kawannya dulu untuk mendirikan sekolah ini perlu dikenang. Sehingga sampai saat ini sudah ada ribuan alumni SMPN 2 Inuman ini.

"Dulu sekolah ini namanya SMPN 3 Cerenti karena waktu itu kecamatan masih Cerenti, Kabupaten Indragiri Hulu. Karena sudah pemekaran sekarang berubah namanya menjadi SMPN 2 Inuman.

"Ini yang perlu kita jaga sebagai pewaris, tentu harus merawat, menjaga serta memajukan sekolah ini. Sehingga mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabuapten Kuantan Singingi ini," ungkapnya.

Perlu juga di ketahui perpustakaan SMPN 2 Inuman sudah memiliki ratusan judul buku. Dari ratusan judul buku ini ada juga bantuan dari pemerintah serta pihak sekolah membeli sendiri dengan dana bos.

Kegiatan literasi kita saat ini membiasakan anak-anak untuk masuk perpustakaan guna membaca buku dan juga karya karya tulis mereka yang di pajangkan di majalah dinding.

Perpustakaan merupakan salah satu bagian penting dalam suatu lingkungan pendidikan. Perpustakaan sekolah sangat membantu menunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan mengajar di sekolah.

Sejak berdiri SMPN 2 Inuman sudah ada sembilan pimpinan diantaranya :

1. JASMIN (1990-2000)

2. ABLIN ( 2000-2006)

3. ANWAR MUDI ( 2006-2008)

4. FAJARNI (2008-2012)

5. THAMLIHAN JAFAR (2012-2016) 

6. KASMAN Bamba( 2017-2019)

7. AJIS (2019-2020)

8.SYAFARUDIN (2020-2021)

9 GUSNERY Majlis S.PD (2021 sampai sekarang)

Berita Lainnya

index