Ini 5 Buah Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Ini 5 Buah Penurun Darah Tinggi dengan Cepat
Melon buah penurun darah tinggi (Foto: Timesofindia)

Riauaktual.com - ADA beberapa buah penurun darah tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah apa saja itu? Serat, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu dalam buah memainkan peran penting dalam mencegah atau mengelola penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Salah satu buah tersebut adalah jeruk yang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan flavonoid. Kandungan tersebut membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah ini juga kaya akan serat dan potasium, serta rendah sodium.

"Semua kualitas tersebut membuat buah citrus sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi," papar dr Shaziya Allarakha, MD, seorang praktisi kesehatan, dikutip dari Medicine Net, Sabtu (24/9/2022).

Nah selain jeruk, ada beberapa buah lain yang juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Simak ulasannya yang dikutip dari Medicine Net berikut ini :

1. Beri

Semua beri, termasuk blueberry, kaya akan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

2. Pisang

Pisang
 

Makanan ini kaya akan nutrisi seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan. Semua itu membantu mengelola tekanan darah tinggi.

3. Delima

Menurut dr Allarakha, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah.

"Buah ini juga meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung," papar dr Allarakha.

4. Plum

Buah ini kaya potasium dan rendah sodium, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

5. Melon
 

Melon menyediakan sejumlah besar vitamin C, potasium, folat, dan serat yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Setelah tahu 5 buah penurun darah tinggi dengan cepat, menjadi pertanyaan berapa banyak buah yang harus dimakan per harinya?

Menurut American Heart Association, seseorang harus mengonsumsi sekitar 4 hingga 5 porsi buah sehari. Satu porsi itu bisa berupa:

1. Satu buah utuh ukuran sedang, dalam hal ini hitungannya berlaku untuk persik, apel, atau jeruk.

2. Satu porsi buah juga meliputi setengah cangkir buah segar, beku, atau buah kaleng yang dipotong dadu.

3. Satu porsi buah juga sama dengan seperempat cangkir buah kering.

4. Seperempat cangkir jus buah pun sudah dihitung satu porsi buah.

Berita Lainnya

index