Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan UMKM Mitra Binaan, Tim Peneliti Unri Bertemu dengan PT Pertamina

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan UMKM Mitra Binaan, Tim Peneliti Unri Bertemu dengan PT Pertamina
Pertemuan Tim Peneliti dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNRI yang diketuai oleh Prof. Dr. Seno Andri, MM., M.Si dengan Bapak Rahmat H

BENGKALIS – Lima orang Tim Peneliti yang merupakan Dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNRI yang diketuai oleh Prof. Dr. Seno Andri, MM., M.Si  melakukan penelitian terkait program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Pertamina RU II Sei Pakning.

Tim Peneliti disambut oleh Bapak Rahmat Hidayat selaku Humas beserta Tim CSR di Kantor Pusat PT. Pertamina RU II Sei Pakning. Pertemuan ini merupakan langkah awal bagi Tim Peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait inovasi Program CSR PT. Pertamina RU II Sei Pakning yang telah dilakukan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan UMKM mitra binaan.

Pemahaman CSR sering diartikan sebagai tanggungjawab perusahaan dalam berbisnis profitable namun tetap mengedepankan upaya kelestarian lingkungan dan sosial. Perusahaan harus bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu, mulai tahun 2017 PT. Pertamina RU II Sei Pakning telah melakukan inovasi terhadap program CSR yang akan dijalankan, yaitu dengan memberikan porsi yang lebih banyak pada kategori community empowerment dari pada kategori charity, infrastructure dan capacity building.

Community empowerment atau pemberdayaan masyarakat yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan baik itu dalam bentuk dana, pelatihan, pembinaan, peralatan sampai dengan pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan UMKM mitra binaan yang saat ini ada di Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar Laksamana.

Menurut pihak Pertamina RU II Sei Pakning, dengan mengutamakan produk pemberdayaan dibandingkan dengan produk lainnya telah memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, terutama UMKM mitra binaan yang tidak hanya memberikan dampak bagi pertumbuhan dan perbaikan ekonomi anggota kelompok, tetapi juga memberikan dampak terhadap pelestarian lingkungan, yang dibuktikan dengan tidak ada lagi terjadi kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di daerah operasional PT. Pertamina RU II Sei Paking. Kedepannya, yang sangat diharapkan dari hasil inovasi Program CSR ini adalah adanya kemandirian dari UMKM mitra Binaan bahkan ketika perusahaan sudah berhenti beroperasi sekalipun.

Berpijak dari informasi-informasi yang telah didapatkan dari Pihak PT. Pertamina RU II Sei Pakning selaku pelaksana Program CSR, Prof. Dr. Seno Andri, MM., M.Si selaku Ketua Tim Peneliti mengatakan bahwa Tim Peneliti selanjutnya juga akan menemui pihak-pihak yang terkait dengan Program CSR yang dijalankan oleh PT. Pertamina RU II Sei Pakning yaitu Pihak Pemerintah Desa/Kelurahan serta Kecamatan, Masyarakat serta Pelaku UMKM Mitra Binaan dari Program CSR.  

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan serta referensi dalam membuat kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan program CSR serta sebagai referensi dalam pemecahan masalah dari program-program CSR yang telah dibuat dan dijalankan terutama terkait permasalahan-permasalahan yang masih menghambat tumbuhnya jiwa kewirausahaan masyarakat sasaran dari Program-Program CSR tersebut, tambahnya. 

Berita Lainnya

index