Setelah Ratu Elizabeth, Sultan Brunei jadi Raja Terlama di Dunia

Setelah Ratu Elizabeth, Sultan Brunei jadi Raja Terlama di Dunia
Sultan Brunei Hassanal Bolkiah pergi setelah berbicara di sebuah acara di Bandar Seri Begawan pada April 2019. (Foto: AFP)

Riauaktual.com - Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah sekarang menjadi raja terlama di dunia setelah kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022). Seperti dilaporkan Arab News, Ratu Elizabeth II merupakan ratu Inggris dan 15 kerajaan Persemakmuran lainnya.

Hassanal Bolkiah, yang naik takhta pada tahun 1967, telah memerintah selama 54 tahun dan 339 hari.

Masa pemerintahan Hassanal Bolkiah terhitung empat tahun lebih lama dari Ratu Denmark Margrethe II, yang sekarang menjadi raja terlama kedua di dunia.

Sebelum kematiannya yang tiba-tiba pada Kamis, Ratu Elizabeth II adalah raja terlama di dunia. Perayaan Yubileum platinum menandai 70 tahun sejak penobatan Elizabeth, dirayakan pada bulan Juni.

Bolkiah dilaporkan berteman baik dengan ratu, dengan kesultanan dan Inggris menikmati hubungan dekat yang ditandai oleh beberapa asosiasi seremonial.

Anggota keluarga kerajaan Brunei memegang beberapa posisi kehormatan di Angkatan Bersenjata Inggris.

Bolkiah dianugerahi gelar kebangsawanan oleh sang ratu, suatu kehormatan yang juga diberikan kepada ayahnya. Sultan Hassanal Bolkiah dan Ratu Elizabeth II bertemu pada kesempatan seremoni di London dan ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan.

Seperti dilaporkan Xinhua, Sabtu (21/5/2022)Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah memerintahkan pembubaran Kementerian Energi negara Asia Tenggara itu. Pengumuman tidak memberikan alasan Sultan Bolkiah untuk perubahan.

Menurut pengumuman resmi di Radio Televisi Brunei, penyiar publik nasional negara itu dan surat kabar harian lokal Borneo Bulletin, Sultan telah memerintahkan penghapusan Kementerian Energi dan pembentukan Departemen Energi di bawah Kantor Perdana Menteri.

Menyusul perubahan tersebut, Haji Mat Suny tidak lagi menjabat sebagai Menteri Energi terhitung mulai 21 Mei 2022.

 

 


 

Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainnya

index