Pesawat Ini Turun Selama 57 Detik Tanpa Disadari Kru yang Kelelahan

Pesawat Ini Turun Selama 57 Detik Tanpa Disadari Kru yang Kelelahan
Ilustrasi pesawat TUI (Foto: Getty Images/Ceri Breeze)

Riauaktual.com - Sebuah pesawat dalam penerbangan turun selama hampir satu menit. Namun, aktivitas itu tidak disadari oleh para krunya.
Mengutip CNN, Minggu (28/8/2022), sebuah pesawat pesiar yang diperintahkan untuk berkeliling Bandara Aberdeen telah turun selama hampir satu menit sebelum awak pesawat menyadarinya, kata sebuah laporan.

Baca juga: Masalah Baru di Dunia Penerbangan: Pilot yang Kerja Keras Bagai Kuda
Adalah Boeing 737 yang dioperasikan oleh Tui. Pesawat itu terbang ke Aberdeen dari Majorca pada September tahun lalu ketika pengawas lalu lintas udara meminta penundaan pendaratan.

Awalnya pesawat naik, lalu turun selama 57 detik sebelum tindakan diambil. Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) mengatakan para kru kelelahan karena beban kerja mereka yang tinggi.

Saat kejadian, pesawat itu ditumpangi 67 penumpang dan ada enam awak di dalamnya berada. Pesawat sempat terbang di bawah 1.600 kaki sebelum naik lagi.

Bersyukur, pesawat itu mendarat dengan selamat tanpa insiden lebih lanjut. Karena, dalam laporan AAIB, petugas mengatakan bahwa itu adalah insiden serius.

Dikatakan kurangnya jam terbang awak pesawat selama pandemi adalah salah satu kombinasi dari faktor-faktor yang menyebabkan mereka tidak memperhatikan pendaratan.

"Total pesawat turun selama 57 detik sebelum pendakian dilakukan kembali," kata laporan itu.

"Kemungkinan kru membiarkan pesawat turun tanpa diketahui karena mereka kelebihan beban kerja yang tinggi selama penerbangan," imbuh mereka. 

Laporan itu mengatakan tindakan keselamatan diambil setelah insiden itu diinvestigasi oleh kontrol lalu lintas udara, operator penerbangan, dan pabrikan jet.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index