Didominasi Lulusan S1, Total Pencaker di Pekanbaru Capai 4.149 Orang

Didominasi Lulusan S1, Total Pencaker di Pekanbaru Capai 4.149 Orang
Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal,

Riauaktual.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mendata, ribuan sarjana di Kota Bertuah saat ini tengah menjadi pencari kerja (pencaker). Jumlah sarjana yang menjadi pencari kerja di Kota Pekanbaru mencapai 2.116 orang. Mereka merupakan lulusan S1 dari berbagai perguruan tinggi.

"Kebanyakan para pencari kerja di kota ini merupakan sarjana atau lulusan S1 dari sejumlah perguruan tinggi," kata Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Selasa (23/8/2022).

Menurut Jamal, saat ini lowongan kerja yang tersedia bagi sarjana masih terbatas. Jumlahnya cuma 103 lowongan sedangkan yang tertampung 68 orang pencari kerja.

"Jadi memang lowongan untuk S1 di Kota Pekanbaru memang masih terbatas," terangnya. 

Jamal menyebut, total ada 4.149 orang pencari kerja yang terdata di Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru. Ia menyebut bahwa lulusan SLTA menjadi pencari kerja terbanyak selain sarjana atau lulusan S1.

Jumlah pencari kerja yang lulusan SLTA mencapai 1.726 orang. Ada juga yang merupakan lulusan SD, SMP hingga lulusan S2.

Jamal menyadari jumlah pencari kerja saat ini tidak tertampung oleh lowongan kerja yang tersedia. Ia menyebut bahwa dari total pencari kerja hanya 413 lowongan yang tersedia.

"Jumlah pencari kerja yang tertampung juga masih minim yakni 360 orang. Mereka kebanyakan lulus SLTA," pungkasnya.

Berita Lainnya

index