Berikut 6 Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Berikut 6 Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Kualitas Tidur
Teh Chamomile (Foto: Livescience)

Riauaktual.com - MEMILIKI kualitas tidur yang baik merupakan salah satu hal penting untuk kesehatan. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Umumnya jam tidur yang baik disarankan antara 7 sampai 9 jam tiap malam agar mendapat istirahat yang cukup. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti mengubah pola makan karena sebagian makanan dan minuman memiliki sifat meningkatkan tidur.

Apa saja? Berikut 6 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas tidur, dirangkum dari Healthline, Senin (22/8/2022).

1. Almond

Almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak manfaat kesehatan. Telah diklaim bahwa mengonsumsi almond dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena almond merupakan sumber hormone melatonin. Apa ituu melatonin? Melatonin dapat mengatu jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan teh herbal yang cukup popular untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. teh ini mengandung apigenin, apigenin merupakan jenis antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak dan dapat menyebabkan kantuk serta mengurangi insomnia.

3. Kiwi

Mengonsumsi kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Efek ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang diberikan. Dalam penelitian selama 4 minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Di akhir penelitian, peserta tertidur 42% lebih cepat daripada ketika mereka tidak makan apa pun sebelum tidur.

5. Jus ceri

Jus ceri dikenal dapat menyebabkan kantuk dan meredakan insomnia. Efek tidur dari jus ceri disebabkan oleh tingginya jumlah melatonin. Namun, penelitian tentang ini masih terus diperluas dan tidak ada salahnya untuk mencoba juga.

6. Ikan berlemak

Beberapa jenis ikan berlemak seperti salmon, tuna, trout, dan makarel sangat baik untuk dikonsumsi. Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada beberapa ikan tersebut dapat berpotensi meningkatkan kualitas tidur karena terbukti meningkatkan produksi serotonin.

7. Kenari

Selain almond, ternyata kacang kenari juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Sumber asam lemak seperti asam alfa-linolenat (ALA) dan asam lemak omega-3 (DHA) yang terdapat pada kacang kenari diklaim baik untuk mengingkatkan kualitas tidur.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index