Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan Lama di Berbagai Peralatan Rumah

Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan Lama di Berbagai Peralatan Rumah
Partikel virus cacar monyet berbentuk oval. ©Cynthia S. Goldsmith, Russell Regnery/CDC/Handout via Reuters

Riauaktual.com - Berdasarkan penelitian terbaru, virus cacar monyer bisa hidup lebih lama atau bertahan lama di berbagai peralatan rumah. Namun belum jelas apakah virus yang menempel di permukaan benda tersebut bisa menyebarkan infeksi.

Dua pasien cacar monyet yang tinggal serumah mengatakan mereka selalu mendisinfeksi permukaan barang-barang di rumah mereka, termasuk rajin mencuci tangan dan mandi secara rutin. Kedua pasien ini dilaporkan terkena cacar monyet pada Mei.

Salah satu pasien mengalami luka di bagian genital, tangan, perut, bibir, dan kulit kepala. Sementara pasien yang satunya mengalami luka atau ruam kulit di telapak kaki, tungkai kaki, dan jari. Keduanya sakit selama sekitar sebulan.

Namun para peneliti masih menemukan virus sebanyak 70 persen pada pada area-area yang memiliki kontak tinggi selama dua hari setelah gejala dirasakan, seperti dikutip dari Al Arabiya. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan, virus ini ditemukan di kursi, selimut, mesin pembuat kopi, tetikus komputer, dan stop kontak lampu.

Kendati demikian, tidak ada virus hidup yang terdeteksi pada benda-benda tersebut, sehingga diperkirakan risiko penyebaran infeksinya rendah. CDC menyampaikan, membersihkan dan mendisinfeksi peralatan rumah kemungkinan membatasi tingkat kontaminasi di dalam rumah.

Penelitian ini menjelaskan perilaku virus cacar monyet, tapi juga menimbulkan sejumlah pertanyaan. Cacar monyet utamanya menyebar melalui kontak langsung dengan cairan luka atau sekresi pernapasan saat melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi penyakit ini.

Menurut penelitian lainnya dari CDC, lebih dari 90 persen kasus cacar monyet di AS dikaitkan dengan kontak seksual pria dengan pria.

Menurut penelitian ini, virus ini juga bisa menyebar melalui cairan atau barang yang digunakan orang yang terinfeksi, tapi belum jelas seberapa besar kontaminasi permukaan berkontribusi pada penularan tidak langsung virus.

CDC mengatakan, orang yang mengunjungi rumah seseorang yang terinfeksi cacar monyet harus melindungi diri dengan memakai masker, menghindari menyentuh permukaan yang terkontaminasi, menjaga kebersihan tangan, tidak menggunakan alat makan, baju, tempat tidur, dan handuk yang sama.

"Dan mengikuti rekomendasi disinfeksi rumah," saran CDC.

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index