Ternyata Rutin Mandi Air Hangat di Pagi Hari Bermanfaat Bagi Tubuh

Ternyata Rutin Mandi Air Hangat di Pagi Hari Bermanfaat Bagi Tubuh
ilustrasi net

Riauaktual.com - Rutin mandi pagi sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda rutin mandi pagi dengan air hangat ternyata memberikan manfaat bagi tubuh.

Hal ini dikemukakan ahli dan praktisi kesehatan dr Berian Rachmadi. Ia mengatakan mandi air hangat setiap pagi bisa memberikan manfaat yang baik pada tubuh.

Berian menjelaskan, saat pagi hari suhu tubuh biasanya masih di bawah normal, apalagi ketika cuaca sedang dingin. Nah, dia menyebut mandi air hangat bisa bermanfaat untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

“Mandi air hangat pagi hari bikin suhu tubuh meningkat dan pembuluh darah melebar,” ujar Berian dilansir GenPI.co, Jumat (19/8/2022).

Berian mengatakan pembuluh darah yang melebar akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh jadi lebih lancar. Efeknya, kata Berian, tubuh akan lebih siap menjalani hari yang padat.

“Selain itu, pernah enggak pas pagi karena dingin, lalu jadi ingusan? Nah, dengan mandi air hangat bisa meredakan hal tersebut,” ungkapnya.

Menurut dia, uap itu bisa masuk lewat hidung dan bisa membuka jalur napas.

“Kalau jalan napas terbuka, dahak-dahak dan riak yang ada di pernapasan akan lebih encer,” tuturnya.

Berian mengatakan mandi air hangat memang jadi salah satu cara mudah meredakan gejala batuk dan pilek. Namun, dia menyarankan untuk menggunakan air hangat yang suhunya di bawah 40 derajat Celcius.

“Disarankan 37 derajat sampai 38,3 derajat,” pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index