Realisasi Rendah, Disdik Kembali Data Siswa Belum Vaksin Covid-19

Realisasi Rendah, Disdik Kembali Data Siswa Belum Vaksin Covid-19

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, kembali lakukan pendataan terhadap seluruh siswa tingkat SD dan SMP yang belum suntik vaksin Covid-19. Tim dari Disdik Pekanbaru memilah siswa yang sudah suntik vaksin dosis satu dan dua. 

Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Muzailis mengatakan, pendataan yang dilakukan untuk membantu program pemerintah menuntaskan vaksinasi anak.

"Karena memang realisasi vaksinasi anak SD masih kecil, belum sampai 60 persen. Jadi  pemerintah pusat melalui Pemko diminta untuk melakukan pendataan kembali anak yang belum divaksin satu dan dua," ujar Muzailis, Selasa (16/8/2022). 

Menurutnya, sampai saat ini belum ada Surat Edaran (SE) terbaru wajib vaksin untuk anak usia sekolah. Muzailis menyebut sampai sekarang sifatnya masih menghimbau  kepada sekolah-sekolah untuk melakukan vaksin anak. 

Muzailis juga menegaskan, dari Dinas Pendidikan juga belum ada kebijakan wajib vaksin untuk pembelajaran tatap muka atau daring bagi yang tidak bersedia divaksin.

"Alternatif itu belum ada, belum dibuat edaran. Kita mendata, mengetahui sekolah-sekolah itu seberapa persen anak yang sudah divaksin satu dan dua," jelasnya. 

Dirinya menilai, belum ada kebijakan pilihan untuk siswa belajar daring jika belum suntik vaksin. Sementara untuk vaksin dosis tiga atau booster bagi tenaga pengajar, menurut Muzailis jumlah sudah tidak banyak lagi. 

Karena mayoritas para tenaga pengajar sudah jalani vaksin booster. Muzailis juga memastikan belum ada kasus Covid-19 di sekolah. Ia menyebut, aktivitas belajar mengajar masih normal sehingga belum ada laporan terkait kasus suspek maupun terkonfirmasi Covid-19 di sekolah.

"Aktivitas belajar mengajar masih normal hingga kini belum ada laporan ada kasus di sekolah," pungkasnya.

Berita Lainnya

index