Kasus Covid-19 Meningkat, Pemko Pekanbaru Pertimbangkan CFD

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemko Pekanbaru Pertimbangkan CFD
Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso. (Istimewa)

Riauaktual.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru masih mempertimbangkan terkait aktifitas Car Free Day (CFD) atau hari bebas berkendara di Jalan Jendral Sudirman. Hal ini seiring melonjak kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru dalam beberapa minggu terakhir. 

Dishub mempertimbangkan terkait dampak adanya kerumunan massa di area CFD seiring kasus covid-19 yang terus alami peningkatan. Tidak menutup kemungkinan aktifitas CFD dihentikan jika kasus terus meningkat. 

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, pertimbangan untuk menghentikan atau tetap melaksanakan CFD nanti diputuskan ditingkat pimpinan (Pj walikota) melalui rapat Forkopimda. 

"Sementara kami tetap mengambil langkah antisipasi dan membuat formulasi terkait kegiatan CFD. Kalau penumpukan dan kerumunan (massa) itu akan kami sebar," ujar Yuliarso, Selasa (16/8/2022). 

Menurutnya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan ada terjadi penumpukan atau titik konsentrasi massa di titik-titik tertentu. Seperti adanya kegiatan atau iven di lokasi CFD yang bersifat memusatkan konsentrasi massa. 

"Belum ada kebijakan untuk menutup CFD, maka kita coba antisipasi dengan mengurai konsentrasi massa, sehingga tidak terjadi kontak yang begitu masif antara pengunjung," ulasnya. 

Dirinya menilai, bebagai pertimbangan diambil untuk membuka kegiatan CFD. Salah satunya kegiatan ekonomi juga berjalan dengan adanya CFD dan jadi sarana olahraga. 

Berita Lainnya

index