Diskes Pekanbaru Bakal Ajukan Pengadaan Vaksin Kanker Serviks di Mall Vaksin

Diskes Pekanbaru Bakal Ajukan Pengadaan Vaksin Kanker Serviks di Mall Vaksin

Riauaktual.com - Gubernur Riau, Syamsuar telah meresmikan Mall Vaksin di Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi, telah diresmikan, Kamis (11/8/2022). Mall Vaksin ini kerjasama Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemko Pekanbaru. 

Mall ini akan melayani berbagai vaksinasi, seperti Covid-19, imunisasi anak, dan juga vaksin bagi calon pengantin.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, nantinya, Pemko Pekanbaru juga akan mengajukan pengadaan vaksin pencegahan kanker serviks atau rahim ke Provinsi Riau. Hal ini, guna melengkapi jenis-jenis vaksin di mall tersebut.

"Kita memang ingin mengusulkan agar ada vaksin pencegahan kanker serviks di Mal Vaksin Pekanbaru yang akan dibangun. Karena saat ini belum ada," ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksin pencegahan kanker serviks di Kota Pekanbaru saat ini masih berbayar di rumah sakit swasta. Harga vaksin juga sangat mahal.

"Makanya, ini rencana kita, agar warga bisa akses ke Mall Vaksin dimasa mendatang. Karena harga vaksin ini mahal, bisa sampai Rp1 juta," jelasnya.

Sementara itu, setelah resmi beroperasi, Zaini menyebut warga dapat mengakses layanan vaksin langsung ke Mall Vaksin tersebut. Mall Vaksin ini beroperasi sesuai jadwal operasi mall pada umumnya. 

"Kita harapkan ini dapat membantu warga agar lebih mudah mengakses layanan vaksinasi. Jadi, mau vaksin apa, tidak perlu bingung lagi kemana," pungkasnya.

Berita Lainnya

index