Pemko Kembali Tata Ratusan Pedagang Jalan Ahmad Yani

Pemko Kembali Tata Ratusan Pedagang Jalan Ahmad Yani

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal kembali lakukan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Jalan Ahmad Yani. Para PKL saat ini berjualan dari simpang Jalan Cempaka hingga Jalan Pangeran Hidayat. 

Kondisi ini membuat pejalan kaki dan pengguna jalan raya terganggu karena mereka berjualan di trotoar jalan. Pemko Pekanbaru berencana membuat skema waktu untuk ratusan PKL yang berjualan di sana. 

"Ada rencana untuk mengatur waktu berjualan. Rencananya mereka bisa berjualan hingga pukul 06.00 WIB," ujar Asisten I Setdako Pekanbaru, Syoffaizal, Rabu (27/7/2022). 

Menurutnya, pemerintah kota telah menggelar rapat terkait rencana penataan. Opsi ini belum diputuskan mengingat bakal dilaporkan terlebih dahulu ke Pj Walikota Pekanbaru. 

Jika memang skema ini disetujui, maka penataan dilakukan bersama OPD terkait. Syoffaizal mengaku bakal membawa ke rapat lanjutan jika memang skema ini bakal dilakukan. 

"Kita akan laporkan ke Pj Walikota Pekanbaru dulu. Ada rapat lanjutan dengan pihak terkait seperti DLHK untuk masalah sampahnya," terang Syoffaizal.

Sebelumnya mereka (PKL) juga pernah dilakukan penataan. Pedagang ini dialihkan untuk berjualan ke Pasar Inpres. Namun mereka kembali berjualan di trotoar jalan lagi. 

"Namun persoalan ini akan diselesaikan dengan kebijakan humanis," ulasnya. 

Menurutnya, jika pedagang ini bersedia di relokasi ke Pasar Inpres, dikatakan Syoffaizal ini tidak akan menimbulkan masalah. Pihaknya mendata ada 250 PKL yang berjualan di lokasi itu. Mayoritas mereka merupakan pedagang sayuran dan sembako

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index