PDAM Tirta Siak Pekanbaru Tingkat Pelayanan kepada Masyarakat

PDAM Tirta Siak Pekanbaru Tingkat Pelayanan kepada Masyarakat

Riauaktual.com - Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak Pekanbaru, saat ini sedang dalam proses pembangunan SPAM KPBU Pekanbaru yang memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Pekanbaru di Provinsi Riau.

Manfaat adanya pembangunan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pekanbaru, dikatakan Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Agung Anugrah kepada Riauaktual.com, yakni:

1. Adanya sistim penyediaan air minum yang handal.

2. Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air minum berkualitas melalui sistim perpipaan.

3. Kualitas air minum sesuai Permenkes nomor 492 tahun 2010.

4. Sebagai upaya nyata terhadap pengendalian ekosistim dan lingkungan dengan tidak mengkonsumsi air tanah secara masif.

"Dengan adanya SPAM KPBU Pekanbaru, akan melayani tujuh kecamatan, yakni Pekanbaru Kota, Sail, Sukajadi, Payung Sekaki, Senapelan, Limapuluh dan Bukit Raya. Untuk di Kecamatan Bukit Raya hanya satu kelurahan. SPAM KPBU Pekanbaru ini berkapasitas 750 liter per detik," kata Agung, Selasa (26/7/2022).

Dijelaskan Agung, SPAM KPBU Pekanbaru merupakan dukungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam menyediakan berbagai bentuk dukungan melalui fiscal tools sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong percepatan penyediaan infrastruktur pada proyek dengan skema KPBU.

"Proyek SPAM KPBU Kota Pekanbaru merupakan proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 750 liter per detik," ujar Agung.

Untuk diketahui, Kemenkeu mengucurkan anggaran dengan nilai Capex sebesar Rp 499,9 miliar. Angka itu diluar jaringan distribusi. Melalui proyek SPAM KPBU Kota Pekanbaru ini, PDAM Tirta Siak Pekanbaru dapat meningkatkan kapasitas untuk melayani sampai dengan 61.000 pelanggan, atau hingga hampir empat kali lipat dari kapasitas jumlah pelanggan yang dilayani pada saat ini.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index