Belum Semua Kuota Terisi, Jalur Zonasi Dominasi PPDB SMP Negeri di Pekanbaru

Belum Semua Kuota Terisi, Jalur Zonasi Dominasi PPDB SMP Negeri di Pekanbaru
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas. (Istimewa)

Riauaktual.com - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Pekanbaru berakhir, Selasa (5/7/2022) kemarin. Total ada 9.612 orang pendaftar selama PPDB berlangsung. Sedangkan total kuota hanya bagi 9.079 orang.
 
Pendaftar lewat jalur zonasi mendominasi yakni sebanyak 7.822 orang. Jumlah ini melebihi kuota dari PPDB lewat jalur zonasi yakni 5.966 orang. Ada kelebihan sebanyak 1.856 pendaftar dari kuota yang ada.

"Untuk pendaftar memang melebihi kuota yang ada, seluruh kuota zonasi sudah terisi," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Kamis (7/7/2022). 

Menurutnya, bahwa belum semua kuota dari berbagai jalur terisi dalam PPDB kali ini. Kuota untuk jalur affirmasi masih tersisa karena baru terisi 918 dari 1.276 kuota.

Begitu juga dengan kuota jalur pindah orangtua yang baru terisi 157 dari 451 kuota. Kondisi serupa juga terjadi dengan kuota jalur prestasi 715 dari kuota 1.386.

Kuota yang saat ini terisi untuk jalur afirmasi, pindah orangtua dan prestasi hanya 1.790. Sedangkan total kuota di luar zonasi mencapai 3.113. Ada kuota belum terisi sebanyak 1.323 dalam PPDB kali ini. 

"Untuk kuota yang berlebih masih belum kita pastikan, apa diisi atau seperti apa," terangnya. 

Dirinya memastikan secara umum tidak ada kendala. Ia mengaku sempat ada kendala jaringan di hari pertama tapi sudah terkendali. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index