Pilkada Kota Pekanbaru Diperkirakan Bakal Sedot Anggaran Capai Rp100 Miliar

Pilkada Kota Pekanbaru Diperkirakan Bakal Sedot Anggaran Capai Rp100 Miliar
Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

Riauaktual.com - Penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pekanbaru tahun 2024, diperkirakan bakal sedot anggaran mencapai Rp100 miliar. 

Meski Pilkada tingkat Kota Pekanbaru akan berlangsung di tahun 2024 nanti, namun berbagai persiapan untuk itu sudah dimulai dari tahun ini. Salah satunya adalah terkait  persiapan kebutuhan anggaran untuk penyelenggaran Pilkada.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan, anggaran dana Rp100 miliar ini baru perkiraan awal. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mematangkan persiapan Pilkada. 

"Kebutuhan dana tersebut untuk KPU dan juga Bawaslu, sesuai usulan yang diterima Kota Pekanbaru," kata Zulfahmi, Sabtu (2/7/2022). 

Menurut Zulfahmi, kebutuhan anggaran tersebut akan dipenuhi Pemerintah kota Pekanbaru secara bertahap mulai dari tahun 2023 nanti. Namun alokasi dana terbesar untuk penyelenggaran Pilkada akan diakomodir di APBD 2024.

Sementara untuk anggaran penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden akan dibantu oleh APBN.

Dilain sisi terkait tahapan pelaksanaan Pemilu sesuai dengan  peraturan KPU tentang penetapan tahapan Pemilu sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni lalu.

"Sekarang tahapannya penyusunan program dan kegiatan serta persiapan anggaran. Selanjutnya baru masuk ke tahapan pembahasan data kependudukan," pungkasnya. 

Berita Lainnya

View All