Durasi PPDB Singkat Dikeluhkan, Pj Walikota Pekanbaru Panggil Disdik

Durasi PPDB Singkat Dikeluhkan, Pj Walikota Pekanbaru Panggil Disdik
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun

Riauaktual.com - Sejumlah orangtua murid alami kendala dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Pekanbaru.

Para orangtua mengeluhkan proses pendaftaran online yang hanya bisa dilakukan dalam waktu 4 jam sehari. Waktu pendaftaran dimulai pukul 08.00-12.00 WIB, yang dibuka sejak 29 Juni hingga 5 Juli mendatang.

Selai itu, pendaftaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop. Padahal, tidak semua masyarakat Pekanbaru yang memiliki komputer dan lebih familiar dengan penggunaan handphone.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, akan memanggil dinas pelaksana teknis PPDB tersebut terkait keluhan masyarakat ini. Menurutnya, hal itu tugas dinas pendidikan.

"Kalau itu laporan ya saya coba pangggillah (disdik), ya nantilah, teknis lah ya, teknis lah ya, pelaksanaan teknisnya nanti ke disdik," kata Muflihun, Kamis (30/6). 

Menurutnya, terkait apa kendala PPDB di lapangan harus dapat diselesaikan dan disempurnakan kembali. Ini menjadi catatan pihaknya untuk berbenah kedepan.

PPDB tahun ini menerapkan sistem online. Orangtua murid bisa meng-upload persyaratannya melalui link ppdbpekanbaru.id

Untuk tahun ini PPDB SMP Online dibuka melalui empat jalur yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan orang tua dan juga prestasi. Kuota penerimaan terbanyak berada pada jalur zonasi. Untuk SMP itu 65 persen. Sisanya itu untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan juga prestasi.

Berita Lainnya

View All