Rencana Penghapusan THL, Pj Walikota Pekanbaru: Kita Berdayakan

Rencana Penghapusan THL, Pj Walikota Pekanbaru: Kita Berdayakan
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

Riauaktual.com - Pendataan jumlah Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih berlangsung. Pendataan dilakukan seiring rencana pemerintah pusat menghapuskan THL di lingkungan pemerintah daerah pada 2023 mendatang. 

Tim BKPSDM melakukan pendataan THL yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Belum ada kepastian terkait nasib para THL ini pasca dihapuskan pada tahun 2023 mendatang. 

Menanggapi hal ini, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, pemerintah kota tetap mengikuti dengan ketentuan yang berlaku. Namun pemerintah kota berupaya untuk tetap memberdayakan para THL tersebut. 

"Ketika dia (THL) masuk sesuai prosedur, mau tidak mau ya harus kita terima, kita berdayakan," kata Muflihun, Kamis (23/6/2022). 

Menurutnya, THL yang tetap diberdayakan adalah mereka yang masuk sesuai dengan prosedur. Jika THL tersebut masuk secara ilegal atau tidak sesuai prosedur maka akan tetap diberhentikan. 

Ia mengaku dirinya baru satu bulan menjabat Pj Walikota. Dirinya mempelajari internal dan eksternal Pemko Pekanbaru. Muflihun belum tuntas mempelajari masalah-masalah tersebut. 

"Saya dikasih (jabatan) Pj Walikota oleh pusat, oleh gubernur, tentu kita jalani sesuai jalur. Kalau memang dia THL nya banyak tapi masuk sesuai prosedur kita bisa juga (pertahankan). Ketika dia (THL) masuknya itu bodong, kita buang," jelasnya. 

Sebelumnya dari data yang dihimpun, jumlah THL di lingkungan Pemko Pekanbaru mencapai 5.000 orang. Mayoritas mereka berada di OPD Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan Bapenda. 

Berita Lainnya

View All