Jadwal PPDB SMP Negeri di Pekanbaru Diundur

Jadwal PPDB SMP Negeri di Pekanbaru Diundur
Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengundur jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi tingkat SMP negeri. Rencananya PPDB untuk SMP negeri mulai dibuka pada 29 Juni 2022 mendatang.

Jadwal ini mundur dua hari dari jadwal sebelumnya yakni pada 27 Juli 2022. Pengunduran jadwal ini setelah adanya kesepakatan dengan vendor penyedia sistem jaringan PPDB tingkat SMP.

"Untuk PPDB SMP kita undur tanggal 29 Juni, tidak jadi tanggal 27 Juni, supaya sistem lebih optimal," ujar Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis, Rabu (22/6/2022). 

Untuk PPDB tingkat SMP tahun ini menerapkan sistem online. Penyelenggaraan PPDB, bakal berlangsung selama satu pekan. Rangkaian PPDB tingkat SMP rencananya berlangsung hingga 5 Juli 2022 mendatang.

"Awalnya kita jadwalkan berlangsung hingga 2 Juli, tapi karena diundur maka PPDB berlangsung hingga 5 Juli mendatang," terang Muzailis. 

Dirinya mengaku, bahwa daya tampung SMP negeri di Kota Pekanbaru belum bisa menampung seluruh lulusan sekolah dasar atau SD yang ada saat ini. Jumlah lulusan SD yang ada di Kota Pekanbaru berkisar 14.000 peserta didik.

Total daya tampung SMP negeri dalam PPDB tahun 2022 hanya sekitar 8.000 peserta didik. Jumlah daya tampung di 45 SMP negeri ini belum bisa menampung seluruh lulusan SD negeri maupun swasta di Kota Pekanbaru.

Muzailis menyebut bahwa hanya 60 persen peserta didik yang bisa tertampung di SMP negeri. Ia tidak menampik 40 persen peserta didik lulusan SD bakal sekolah di SMP swasta karena daya tampung SMP negeri yang terbatas.

Ia mengingatkan bahwa tidak ada lagi sekolah favorit baik SD maupun SMP. Ia menyebut bahwa sistem zonasi diterapkan agar tidak ada lagi sekolah favorit. 

Berita Lainnya

View All