Berkat Support Wabup Bengkalis Gapoktan Sungai Meranti Sukses Budidaya Pisang Kapendis

Berkat Support Wabup Bengkalis Gapoktan Sungai Meranti Sukses Budidaya Pisang Kapendis

Riauaktual.com - Ditemani istri dan sejumlah pengurus Gapoktan Sungai Meranti Kecamatan Pinggir, bang Jimmy, Selasa (24/5) sore kemarin, bersilaturrahmi ke rumah dinas Wakil Bupati, H Bagus Santoso. Kedatangan para petani hebat itu ternyata membawa satu tandan besar pisang Kapendis. Pisang yang selama 6 tahun dibudidayakan oleh kelompok tani bang Jimmy dan rekan.

Tak hanya pisang yang dikenal banyak khasiat dan harganya cukup menggiurkan, bang Jimmy juga membawa berbagai jenis papaya, mulai dari papaya bulat ukuran besar, juga ada papaya lonjong dengan berbagai ukuran.

Bang Jimmy sengaja membawa satu tandan besar pisang Kapendis, dengan tujuan ingin diperlihatkan kepada wabup, atas keberhasilan budidaya pisang Kapendis yang mereka lakukan.

"Pak Bagus pernah sampai ke tempat kita, memberikan support kepada kami untuk terus membudidayakan pisang Kapendis. Setelah 6 tahun, ini hasilnya sudah berhasil kami budidayakan,” ujar bang Jimmy.

Saat ini kata Jimmy, kelompoknya menanam pisang Kapendis sebanyak 400 batang di lahan seluas 1 hektare. Saat ini pisang hasil tanaman mereka baru dijual di wilayah masyarakat sekitar, untuk kebutuhan pesta pernikahan dan lainnya.

"Jika memang nanti pasarannya cukup bagus, tidak tertutup kemungkinan lahan pertanian aka lebih dikembangkan. Makanya hari ini kita kesini bertemu pak wabup, mudah-mudahan ada masukan bagaimana kedepannya termasuk pemasarannya,” ujar Jimmy.

Jimmy juga mengajak siapa saja yang berminat untuk membudidayakan pisang kapendis untuk datang ke Sungai Meranti, belajar sambil menikmati pisang.

"Kalau di sawalayan tiga butir pisang Kapendis ini dihargai Rp 9 ribu, kalau datang ke tempat kami, dapat satu sisir. Pulang bawa benih pisang gratis,” ajak bang Jimmmy.

Bang Jimmy sebut Wabup Bagus Santoso merupakan petani  hebat dan luar biasa. Tidak hanya fokus kepada tanaman pisang dan papaya, bang Jimmy juga petani ikan tambak. Saat ini, setiap bulan tambak bang Jimmy menghasilkan 1,5 ikan ada ikan Lele Jumbo, Patin, Gurami, Nila dan Patin,” Bang Jimmy juga bertanam cabe, dan itu berhasil, luar biasa,” sebut wabup.

Untuk membantu ikut mencari dan memasarkan hasil pertanian kelompok bang Jimmy dan rekan, wabup Bagus Santoso sengaja mengundang pejabat Disdagprin, Dinas Perikanan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, untuk hadir di rumah dinas bersama membantu memasarkan hasil produk serta hal-hal yang dapat membantu untuk pengembangan usaha para petani.

“Sengaja saya ajak untuk melihat dan mendengarkan langsung apa yang disampaikan bang Jimmy dan rekan, ada dari Disdagprin, Perikanan dan Tanaman Pangan Peternakan. Agar sama-sama bagaimana membuka dan mencari “tempat buang” hasil pertanian ini,” ujar Wabup.

Minimal kata wabup, ritel-ritel yang ada di Bengkalis seperti Indomaret, Alpamart, bisa ikut menjualkan hasil-hasil pertanian masyarakat, seperti pisang Kapendis dan lainnya.

Disupport Pihak Bank

Di tempat yang sama, pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bengkalis, Ilham Khalid, turut mensupport dan bangga atas keberhasilan kelompok tani dari Sungai Meranti yang berhasil membudidayakan pisang Kapendis.

“Kami sangat mensupport usaha pertanian seperti ini, dan pastinya ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Bagi teman-teman yang membutuhkan modal, kami siap membantu melalui program Kredit Usaha Rakyat,” sebut Ilham.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index