RSUD Teluk Kuantan Bakal Buka Layanan Cuci Darah

RSUD Teluk Kuantan Bakal Buka Layanan Cuci Darah
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

Riauaktual.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bakal membuka pelayanan tindakan cuci darah atau Hemodialisa (HD). Layanan ini ditargetkan sudah bisa beroperasi pada tahun 2022 ini.

Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr Irvan mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan. Mulai dari SDM hingga sarana prasarana. 

"Pada proses penyiapan ruangan penyiapan SDM atau sertifikasi, dan penandatangan MOU KSO dengan vendor," ujar dr Irvan saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (24/5/2022). 

Dijelaskan Irvan, untuk ruangan pihaknya menyiapkan satu ruangan. Sementara untuk mulai operasi, menurut Irvan tergantung  dengan institusi lain seperti untuk sertifikasi. 

"Tergantung dari bimtek SDM, dari korwil Sumbar Riau Kepri. Sementara untuk tenaga medisnya, RSUD Teluk Kuantan sudah memiliki tiga dokter spesialis dan tiga perawat yang pernah pelatihan serta memiliki sertifikat cuci darah," terangnya. 

Irvan juga mohon doa masyarakat Kuansing semoga tahun ini layanan HD di RSUD Teluk Kuantan sudah bisa kita buka.

Diketahui sebelumnya, yang menjadi keluhan masyarakat Kuansing salah satunya tentang pelayanan cuci darah. Berdasarkan hal itu, Irvan menilai, pelayanan cuci darah di RSUD Taluk Kuantan sudah sangat diperlukan.

Karena pada saat ini jika pasien ingin melakukan cuci darah hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru.

"Untuk sistemnya nanti adalah KSO (Kerja Sama Operasi) dengan pihak ke tiga. Dimana RSUD hanya menyediakan ruangan atau tempat. Sedangkan alat disiapkan oleh pihak ketiga," jelas Irvan

Layanan ini nantinya kata Irvan berlaku untuk semua pasien, baik umum ataupun BPJS. 

Sebelumnya Sekda Kuansing Dedy Sambudi pada saat Musrembang RKPD 2023 di kecamatan Kuantan tengah, sempat meminta pihak RSUD Teluk Kuantan agar membuka layanan cuci darah. Sehingga masyarakat tidak lagi melakukan cuci darah keluar daerah.

Berita Lainnya

View All