Vaksinasi Berlanjut, Diskes Pekanbaru Sebut Covid-19 Belum Jadi Endemi

Vaksinasi Berlanjut, Diskes Pekanbaru Sebut Covid-19 Belum Jadi Endemi
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Salah satu sasaran adalah kelompok warga lanjut usia (Lansia) dan anak usia 6-11 tahun. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, tim vaksinasi masih melakukan vaksinasi di sejumlah fasilitas kesehatan. Mereka melayani suntik vaksin dosis pertama, kedua, dan booster. 

"Vaksinasi covid-19 terus kita jalankan. Kita juga berkoordinasi dengan lintas sektoral," ujar Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (24/5/2022). 

Menurutnya, saat ini sebaran kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung melandai. Bahkan tambahan kasus harian sempat nihil beberapa hari terakhir. Sejumlah wilayah pun sudah berada pada zona hijau atau tidak terdampak Covid-19. 

Namun, ditegaskan Zaini bahwa pandemi ini belum berakhir. Masyarakat diminta tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat tidak boleh abai walaupun kasus mulai melandai. 

"Covid-19 ini belum jadi Endemi. Belum ada surat dari kementerian kesehatan, belum juga ada surat WHO yang menyatakan Endemi," jelas Zaini. 

Ditambahkan Zaini, untuk saat ini capaian vaksinasi umum sudah 117 persen, dari 748.096 sasaran penerima di Kota Pekanbaru. Dari jumlah itu, vaksin lansia sudah 67 persen dari target. 

Lalu vaksin bagi kelompok usia 18-59 tahun sudah 110 persen. Untuk usia remaja 12-17 tahun sudah 114 persen dari target. Terakhir vaksin kelompok anak usia 6-11 tahun sudah 74 persen. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index