Tahun Ini, Paju Jalur di Kuansing Kembali Digelar

Tahun Ini, Paju Jalur di Kuansing Kembali Digelar

Riauaktual.com - Pacu Jalur Merupakan sebuah tradisi turun menurun masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing) yang sampai saat ini masih dilestarikan. Selama pandemi Covid-19 perhelatan pacu jalur ditiadakan, Mulai tahun 2020 hingga tahun 2021.

Gembiranya pada tahun 2022 ini perhelatan pacu jalur sudah sah bakal di helat, tepatnya pada tanggal 21-24 Agustus mendatang, dan hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat perheletan pacu jalur tersebut kabupaten kuantan Singingi akan kembali menjadi lautan manusia.

Hal ini dibuktikan pemerintah kabupaten kuantan Singingi menggelar rapat pembentukan panitia pacu jalur Iven nasional tersebut dituangkan multimedia kantor bupati kuantan Singingi. Jum,at (20/5/2022) kemarin.

Keputusan Dalam rapat disepakati Sekda Kuansing Dedy Sambudi SKM. MKes sebagai Ketua umum pelaksana kegiatan dan Kadis Pariwisata Azhar menjadi ketua I di Iven Nasional yang dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

"Panitia sudah terbentuk yang dipimpin oleh Sekda Kuansing ( Ketua Umum ) dan Kadis Pariwisata Ketua I,” kata Kadis Pariwisata Azhar kepada awak media setelah usai rapat di kantor Bupati

Komposisi kepanitian tetap melibatkan orang adat di Kenegerian Teluk kuantan, pemerintah hanya menfasilisator dan perpanjangan tangan, semuanya telah kita serahkan kepada Datuk dan adat Kenegerian Taluk Kuantan.

"Sementara Emil Harda saat rapat tersebut memaparkan pelaksanaan event Tahun 2019 yang lalu sudah melibatkan 50 persen kepanitian dari orang adat dan pelaksanaan iven dijadikan selama 4 hari, sementara satu hari untuk Pergelaran Pembukaan, dengan pawai Jalur dihari pertama tidak dimasukkan ke hari dimana pacu jalur akan di pertandingan jadi 5 hari," ungkap Emil Harda.

Berita Lainnya

View All