Potret Pengungsi Rohingya Tiba di Pekanbaru

Potret Pengungsi Rohingya Tiba di Pekanbaru
Sejumlah pengungsi Rohingya berada ditempat penampungan sementera di kota Pekanbaru, provinsi Riau, Kamis (19/5/2022). Sebanyak 119 pengungsi rohingya telah dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru. (WAHYUDI)

Riauaktual.com - Sebanyak 119 orang pengungsi asal Rohingya dipindahkan ke Kota Pekanbaru, Riau. Mereka sebelumnya ditempatkan di tempat penampungan sementara Balai Latihan Kerja (BLK) Gampong Meunasah Mee di Aceh, kemudian direlokasi ke Kota Pekanbaru, Kamis (19/3/2022). 

Alasan mereka dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru dikarenakan Aceh belum resmi menjadi tempat penampungan pengungsi dan disana juga tidak ada Rudenim, sementara daerah yang ada Rudenimnya yaitu Medan dan Pekanbaru.

Sejumlah pengungsi Rohingya berada ditempat penampungan sementera di kota Pekanbaru, provinsi Riau, Kamis (19/5/2022) (WAHYUDI).

Proses pemindahan didampingi petugas Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau serta Tim Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) Kemenkopolhukam RI. 

"Proses pemindahan mereka didampingi petugas yang berwenang dan diberangkatkan dalam dua hari yang berbeda dengan empat penerbangan yang berbeda," kata Emergency Koordinator IOM Indonesia, Sonya Syahfitri, Kamis (19/5/2022).

Sejumlah pengungsi Rohingya berada ditempat penampungan sementera di kota Pekanbaru, provinsi Riau, Kamis (19/5/2022) (WAHYUDI)

Mereka akan tetap diberikan bantuan oleh International Organization for Migration (IOM) sama seperti pengungsi lainnya.

"Bantuan berupa akomodasi dan juga belanja bulanan buat mereka, pelayanan kesehatan serta pelayanan pendidikan baik itu formal ataupun non formal," singkat Sonya. 

Sejumlah pengungsi Rohingya berada ditempat penampungan sementera di kota Pekanbaru, provinsi Riau, Kamis (19/5/2022) (WAHYUDI)

Berita Lainnya

index