Penanganan Banjir, PUPR Masih Lakukan Normalisasi Drainase

Penanganan Banjir, PUPR Masih Lakukan Normalisasi Drainase

Riauaktual.com - Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru masih direndam banjir saat diguyur hujan deras dengan waktu lama. Lokasinya menyebar di beberapa kecamatan yang merendam pemukiman penduduk. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru masih berupaya menuntaskan permasalahan banjir di beberapa titik banjir. Salah satu titik banjir yang menjadi perhatian adalah di Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani. 

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, jika hujan turun dalam kurun waktu hingga 3 jam Jalan Soebrantas digenangi banjir. Salah satu penyebab banjir adalah daya tampung drainase tidak lagi mampu menampung debit air.

"Tapi belakangan ini curah hujan cukup tinggi. Kami terus mengupayakan normalisasi drainase," ujar Indra Pomi, Senin (16/5/2022). 

Indra menyebut, penanganan banjir yang dilakukan pemerintah kota merujuk pada masterplan penanganan banjir. Terdata 371 titik permasalahan banjir yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Kami  juga melakukan normalisasi anak sungai seperti saat ini yang dilakukan pada Sungai Sail. Karena, kami melihat setiap ada banjir itu, Sungai Sail itu lah yang mempengaruhi rumah-rumah di rendam banjir," jelasnya.

Ia mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dalam mengatasi hal tersebut. Karena untuk ruas Jalan HR Subrantas merupakan ruas jalan provinsi dan kewenangan ada pada pemerintah provinsi. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index