TIga Anak Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, IDAI Keluarkan 6 Cara Pencegahan

TIga Anak Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, IDAI Keluarkan 6 Cara Pencegahan
ilustrasi Anak Hepatitis. (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - KASUS hepatitis misterius memang cukup berbahaya karena memiliki potensi menewaskan penderitanya. Oleh karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun meminta pemerintah setempat meningkat kewaspadaan terhadap penyakit tersebut.

Belakangan, Kementerian Kesehatan menemukan adanya dugaan 3 anak meninggal dunia akibat hepatitis misterius. Ketiga pasien tersebut, merupakan pasien rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Tiga pasien anak yang dinyatakan meninggal dunia itu, kemudian dilarikan ke RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya. Ketiganya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang 2 minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Dilaporkannya kasus ini oleh Kemenkes membuat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun angkat suara, mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati atas teridentifikasinya kasus Hepatitis misterius tersebut di Indonesia.

IDAI menyampaikan beberapa tips yang harus mulai dilakukan orangtua ke anak-anaknya untuk meminimalisir risiko si kecil terinfeksi hepatitis Misterius tersebut. Apa saja tips pencegahannya:

Hepatitis

1. Rutin mencuci tangan

2. Meminum air bersih yang matang

3. Makan makanan yang bersih dan matang penuh

4. Membuang tinjau atau popok sekali pakai pada tempatnya

5. Menggunakan alat makan sendiri-sendiri

6. Memakai masker dan menjaga jarak

"Disarankan juga agar mendeteksi secara dini jika menemukan anak-anak dengan gejala seperti tubuh berwarna kuning, mual atau muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran atau kejang, lesu, atau demam tinggi," terang IDAI dalam pernyataan resminya di Instagram, dikutip dari MNC Portal (Okezone.com), Senin (2/5/2022).

IDAI pun meminta kepada para orangtua agar memeriksakan si kecil ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index