Antisipasi Penularan Covid-19, Pemdes Bagikan Masker ke Warga Pulau Busuk

Antisipasi Penularan Covid-19, Pemdes Bagikan Masker ke Warga Pulau Busuk
Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Busuk membagikan masker kepada warga

Riauaktual.com - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Seiring itu sejumlah kegiatan masyarakat pun telah diberi pelonggaran. 

Seperti pantauan Riauaktual.com pada H-1 Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Busuk membagikan masker kepada warganya. Hal ini agar warga tetap jalankan protokol kesehatan (Prokes) sebagai antisipasi penularan Covid-19. 

Apalagi pelaksanaan Sholat idul Fitri direncanakan di lapangan terbuka, yakni di Pulau Batu yang berada di pinggiran Sungai Batang Kuantan. 

Kades Pulau Busuk Kecamatan Inuman Mahyudin SPi mengingatkan warganya agar tetap disiplin prokes saat perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah. Sehingga semua kegiatan dalam menyambut hari besar tersebut dapat aman dari Covid-19.

"Protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 harus tetap disiplin dilakukan. Supaya kita dapat menjalankan ibadah dengan aman dari Covid-19," katanya, Ahad (1/5/2022). 

Ia meminta warga tidak abai meskipun saat ini angka penularan Covid-19 sudah jauh menurun. Sehingga tidak terjadi peningkatan kasus pasca Hari Raya Idul Fitri. 

"Saya bersama rekan-rekan perangkat dan BPBD hari ini membagi-bagikan masker kepada warga di Desa Pulau Busuk," terangnya. 

Menurutnya, tahun ini warga asal Pulau Busuk yang ada di tanah rantau banyak yang pulang kampung merayakan Idul Fitri. Mereka pulang bersama keluarga ke kampung halaman. 

"Namun demikian saya tegaskan kita tidak berasumsi kalau warga yang pulang kampung dari tanah rantau akan membawa penularan Covid-19. Namun ini langkah kita guna mengantisipasi penularan Covid-19 Saja," ulasnya. 

Mahyudin menambahkan, ini juga sebagai rangkaian program desa bebas Covid-19. Sehingga pihaknya menganggarkan dana untuk desa bebas Covid ini, sebesar 8persen dari pagu anggaran. 

Ia juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Mahyudin memohon maaf lahir dan batin kepada warga, atas nama pribadi dan Pemerintahan Desa Pulau Busuk.

Berita Lainnya

View All