Marquez Jatuh Dua Kali dalam Satu Putaran, Pedrosa Turun Tangan

Marquez Jatuh Dua Kali dalam Satu Putaran, Pedrosa Turun Tangan
Mrc Marquez membonceng skuter yang dikendarai Dani Pedrosa setelah dia terjatuh di sesi latihan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez, 29 April 2022. (F

Riauaktual.com - Ada adegan unik di hari pertama Grand Prix Spanyol, Jumat (29/4/2022), ketika pembalap Repsol Honda Marc Marquez terjatuh dua kali beruntun dalam satu putaran saat latihan bebas (free practice) kedua.

Pada sesi tersebut, dia awalnya jatuh di tikungan keenam Sirkuit Jerez, lalu bangkit dan kembali melanjutkan putarannya. Sayangnya di tikungan kesembilan motornya kembali tergelincir karena melindas lintasan basah di trek.

Marquez pun meninggalkan motornya dan berjalan keluar, di mana sudah menunggu tim evakuasi. Ternyata, marshal yang ditugaskan mengevakuasi dia bukan sembarang marshal.

Dia adalah legenda Repsol Honda Dani Pedrosa, yang sudah menunggu di atas skuter lengkap dengan helm. Tanpa banyak bicara lagi, Pedrosa segera menarik gas begitu Marquez duduk di boncengan menuju ke garasi.

Sebagai catatan, Pedrosa bukan lagi pembalap Repsol Honda, dan resminya dia juga bukan seorang marshal.

Pembalap Spanyol itu sekarang bertugas sebagai pembalap uji atau test rider tim KTM dan menjemput Marquez dengan atribut KTM pula.

Ini Penyebabnya

Menurut pernyataan Honda, sepanjang hari itu Marquez memang melakukan sejumlah eksperimen dengan setingan dan komponen sepeda motor berbeda.

“Hari ini kami mengambil sedikit risiko untuk mencoba hal-hal besar. Pada pagi hari (FP1) saya memakai motor yang kurang lebih sama untuk mendapatkan akselerasi dulu karena treknya tidak dalam kondisi terbaik,” kata Marquez dalam pernyataan yang dilansir dari Beritasatu.com.

“Sore harinya (FP2) saya mencoba sejumlah komponen lain tetapi sayangnya saya jatuh dengan motor yang belum bisa saya kendalikan dengan baik dan tidak bisa saya pakai lagi,” imbuhnya.

Meskipun jatuh dua kali, Marquez kembali ke garasi untuk menuntaskan sesi dengan motor kedua, yang memiliki setelan berbeda sama sekali dari yang pertama sehingga kinerjanya tidak maksimal.

Dia akhirnya hanya berada di urutan ke-19 dari 25 pembalap yang ikut serta, terpaut 1,1 detik dari pembalap terkencang Fabio Quartararo.

Marquez sudah absen di dua dari lima balapan yang telah digelar musim ini, dan belum pernah finis di atas podium. Saat ini mantan juara dunia tersebut berada di urutan ke-11 klasemen sementara.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index