Momentum Salat Hari Raya di Pulau Batu, Jadi Perindu Anak Rantau Asal Pulau Busuk

Momentum Salat Hari Raya di Pulau Batu, Jadi Perindu Anak Rantau Asal Pulau Busuk
Salat Hari Raya di Pulau Batu

Riauaktual.com - Pulau Busuk merupakan sebuah desa yang ada di kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau. Dulu desa ini hanya merupakan sebuah desa yang dibatasi dengan sungai Batang Kuantan.

Pada tahun 2006, Desa Pulau Busuk ini dimekarkan menjadi tiga desa. Yakni desa Pulau Busuk (induk), Desa Pulau Busuk Jaya, dan Desa Seberang Pulau Busuk, yang dimekarkan di masa pimpinan Kepala Desa Mustafa Sailillah.

Pada Desa Pulau Busuk ada sebuah pulau yang dinamakan Pulau Batu. Pulau Batu ini merupakan sebuah pulau yang berada di pinggiran sungai Batang Kuantan.

Menariknya, setiap tahun nya di Pulau Batu ini dijadikan tempat pelaksanaan salat hari Raya Idul Fitri maupun salat Hari Raya Idul Adha oleh masyarakat Pulau Busuk sendiri. 

Pelaksanaan salat Hari Raya Idul Fitri di Pulau Batu ini lah menjadi sebuah rindu yang terselip bagi masyarakat Pulau Busuk yang berada di tanah rantau.

Kenapa tidak, semua warga Desa Pulau Busuk berkumpul di Pulau Batu yang ada di pinggiran sungai Batang kuantan itu untuk melaksanakan ibadah salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Tak hanya itu, selesai salat Idul Fitri jadi momentum untuk saling berjabat tangan dengan sanak saudara. Apa lagi bagi anak-anak rantau yang pulang kampung.

Selain itu Pulau Batu ini juga dijadikan warga sebagai tempat berswafoto yang berlatar belakang air sungai yang mengalir.

Salah seorang warga Pulau Busuk Jimi Rinaldo yang tengah merantau di Provinsi Bengkulu mengaku, salat raya di Pulau Batu menjadi sebuah kerinduan. 

"Salat di Pulau Batu itu menjadi perindu dek kami yang ado di rantau ko. Kalau ingin baliak kampung rayo, pasti yang di tanyo itu tompek salat nyo. Lai di Pulau Batu sambayang rayo," ungkap Jimi melalui sambungan telepon, Selasa (26/4/2022). 

Menurutnya, masyarakat Pulau Busuk memang setiap tahun nya melaksanakan salat Idul Fitri maupun Idul Adha itu di lapangan terbuka yang di namakan dengan Pulau Batu.

Tetapi apabila curah hujan tinggi yang mengakibatkan air Sungai Batang Kuantan itu pasang, pelaksanaan salat Idul Fitri maupun Idul Adha tidak bisa di laksanakan di Pulau Batu tersebut.

"Kalau air pasang pelaksanaan salat Idul Fitri maupun Idul Adha dialihkan di mesjid Nur Hidayah Desa Pulau Busuk," pungkasnya.

Berita Lainnya

View All