Hadiri Acara Malam Nuzulul Quran, Ini Pesan Wakil Bupati Rokan Hulu

Hadiri Acara Malam Nuzulul Quran, Ini Pesan Wakil Bupati Rokan Hulu
Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Indra Gunawan

Riauaktual.com - Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang dinantikan umat Islam karena tepat terjadi peristiwa besar dalam sejarah agama Islam, yaitu malam turunnya kitab suci Al Quran.

Berbeda dengan kitab suci sebelumnya, Al Quran diturunkan secara bertahap atau berangsur-angsur sesuai kebutuhan dan persoalan yang dihadapi umat Islam.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Indra Gunawan di acara malam Nuzulul Quran yang dilaksanakan di Masjid Madani Islamic Center Pasir Pengaraian, Ahad (17/4/2022).

Indra juga menyebut momentum Nuzulul Quran diyakini membawa banyak pelajaran berharga dan hikmah bagi siapapun yang merenunginya.

"Itulah malam Nuzulul Quran, dimana Al- Quran (Wahyu) diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam,” kata Indra.

Tentu saja dengan segala isi dan kandungan ayat-ayat Al-Quran, tersirat dan tersurat makna pesan-pesan mulia yang membawa petunjuk dan kabar gembira.

Bahkan jika ditelaah lebih jauh, dalam sejumlah ayat ditegaskan, turunnya Al-Quran memberi pesan kepada seluruh umat manusia mengenai tiga hal.

Pertama, ajaran tauhid yang mendeklarasikan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan tidak boleh disekutukan dengan apapun.

Kedua, Al-Quran merupakan petunjuk, pedoman hidup, dan pembawa keselamatan yang harus dipegang teguh oleh manusia.

Ketiga, Al-Quran merupakan sumber dari segala sumber hukum (Syariat), sangat kaya dengan ilmu dan pengetahuan, serta terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman.

"Dengan demikian, saya mengajak kepada hadirin sekalian bahwa Al-quran wajib dijadikan sebagai pedoman hidup. Saya juga meyakini dengan membaca dan mengamalkan isi dari Al-quran membuat kita memiliki sifat rendah hati ke sesama," pungkas Indra.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut turut hadir Pj.Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten. (GALERI)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index