BBKSDA Riau Turunkan Tim Evakuasi Harimau Sumatera di Giam Siak Kecil Bengkalis

BBKSDA Riau Turunkan Tim Evakuasi Harimau Sumatera di Giam Siak Kecil Bengkalis

Riauaktual.com - Seekor Harimau Sumatera terekam video amatir mendekati pondok warga di Desa Tasik Tebing Serai, Kabupaten Bengkalis, Selasa (12/4/2022).

Saat dikonfirmasi Plt Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Fifin Ariana Jogasara membenarkan perihal tersebut.

"Kita menerima laporan adanya Harimau Sumatera yang mendekati pondok warga pekerja kebun disana," katanya, Rabu (13/4/2022). 

Menurutnya, kemunculan Harimau Sumatera tersebut sudah berulang kali. Pihaknya sudah menurunkan tim penyelamat untuk melakukan evakuasi.

"Sudah berulang kali munculnya, sehingga kami putuskan untuk melakukan evakuasi. Tim tadi pagi sudah berangkat ke lokasi. Untuk boxtrap sudah kita geser ke TKP," ungkap Fifin.

BBKSDA Riau juga menghimbau kepada warga yang menetap di kawasan Suaka Marga Satwa Giam Siak Kecil untuk mengkandangkan ternak-ternaknya.

"Karena itu akan membuat Harimau terpancing untuk keluar. Karena sama kita ketahui disana adalah kawasan konservasi yang mana letaknya itu dibentuk untuk menjaga keberadaan satwa-satwa liar yang memang dilindungi dan daerah konservasi dijadikan untuk habita-habitat yang dilindungi," terangnya.

Saat ditanyakan apakah Harimau Sumatera yang muncul di pondok warga adalah harimau yang menerkam warga sebelumnya Fifin tidak bisa memastikan hal tersebut.

"Kita tidak bisa menyampaikan seperti itu karena perlu pengamatan, tidak serta merta karena semua harimau punya loreng itu yang akan kita amati," tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index