136 Perpustakaan di Riau Sudah Terakreditasi

136 Perpustakaan di Riau Sudah Terakreditasi
ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Sebanyak 136 perpustakaan di Riau sudah terakreditasi. Jika dilihat secara persentase angka memang masih kecil. Sebab di Riau jumlah perpustakaan umum dan sekolah mencapai 5.342 pustaka. Artinya baru 2,5 persen perpustakaan di Riau yang sudah terakreditasi.

"Dengan melihat data tersebut, artinya memang masih banyak perpustakaan di Riau yang belum terakreditasi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (28/3/2022) kemarin.

Mimi berharap kedepan perpustakaan di Riau semakin banyak yang terakreditasi. Sehingga persiapan di Riau bisa lebih baik baik dalam hal pelayanan maupun dalam hal penyediaan koleksi bacaan.

Sementara di perpustakaan Soeman HS sendiri, kata Mimi, saat ini mempunyai pustakawan sebanyak 44 orang, dan arsiparis sebanyak 21 orang. 

Sedangkan untuk koleksi bacaan, hingga saat ini, perpustakaan Soeman HS Riau memiliki jumlah koleksi buku sebanyak 62.864 buku. 

"Dari jumlah itu, hanya 15 persen yang harus di perbaiki dalam hal pendataan," sebutnya. 

Disamping itu, Mimi juga menyampaikan bahwa perpustakaan Soeman HS pada tanggal 21 Maret 2022 yang lalu juga telah membuka layanan terbuka serta juga melaunching tentang nomor pengaduan yang berkaitan dengan pelayanan dari perpustakaan Soeman HS. 

"Rencananya memang kami mau buka pada sabtu dan minggu. Namun untuk sekarang kita masih ada keterbatasan jumlah SDM, kita belum bisa membuka pelayanan di hari libur akhir pekan," ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index