Dihadiri Sejumlah Pejabat, Makan Behidang PWI Riau Diselenggarakan Di Panti Asshidiqiyah

Dihadiri Sejumlah Pejabat, Makan Behidang PWI Riau Diselenggarakan Di Panti Asshidiqiyah

Riauaktual.com - Hari kedua rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) dan ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 76 di Kabupaten Siak digelar kenduri makan berhidang bersama dengan anak panti asuhan di panti Ashshidiqiyah Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Sabtu (19/03/2022).

Makan berhidang tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Ketua PWI pusat Atal Sembiring Depari, Sekretaris Diskominfo Siak Salman, Ketua PWI Siak Wiwik Widyaningsih, dan Kepala Dinas Pariwisata Fauzi Asni.

Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang menjelaskan, kenduri makan berhidang tersebut merupakan tradisi orang melayu.

Ia menjelaskan, makan berhidang tersebut makan bersama dalam satu hidangan atau talam yang lengkap dengan nasi, lauk pauk, lalapan dan cuci tangan itu dimulai ratusan tahun silam.

"Jadi, begitu makanan sudah terhidang, semuanya makan bersama. Duduknya pun lesehan," terang Ketua PWI Riau tersebut.

Kaat Zulmansyah, saat ini banyak kalangan yang sibuk mencari format yang ideal tentang bagaimana mencegah disintegrasi.

Padahal, kata dia, kalau dipikir-pikir, ternyata banyak sekali budaya dan kearifan lokal yang sebenarnya mengajarkan nilai persatuan, saling menghormati serta membentuk gotong-royong dan saling membantu.

"Nah, salah satunya dengan makan berhidang. Di situ semuanya diajarkan," ujar pria yang akrab disapa Bang Zum tersebut.

Karena mengetahui hal-hal itu, maka acara kenduri syukuran Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-76 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak, digelar dengan makan berhidang.

"Sebetulnya, rencana makan berhidang ini kita gelar di Pekanbaru. Namun, karena level PPKM di sana naik, ya kita gelar di Siak. Maknanya tetap sama kok. Ini kita lakukan sebagai wujud rasa syukur karena usia organisasi (PWI) sudah 76 tahun," ujarnya.

Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari pun memuji acara kenduri itu. Bahkan, kata Atal, konsep memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak sangat bagus.

"Semua kegiatan yang dibikin di Siak ini, tak obahnya kayak HPN Nasional di Kendari 9 Februari lalu. Ada kegiatan pendidikan, budaya, UMKM dan lainnya. Ini sangat bagus," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index