Perhelatan HPN dan HUT PWI Ke 76 Riau Di Siak Berlangsung Meriah

Perhelatan HPN dan HUT PWI Ke 76 Riau Di Siak Berlangsung Meriah
Kunjungan Wakil Bupati Siak Husni Merza dan Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang ke Stand Bazar UMKM.

Riauaktual.com - Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 76 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak, berlangsung semarak.

Pantauan Riauaktual.com, di setiap sudut kota Siak itu dipenuhi umbul-umbul serta baliho ucapan dari Pemkab Siak. 

Hal ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Bupati Siak Drs H Alfedri beserta Forkopimda Kabupaten Siak untuk PWI Provinsi Riau, PWI Siak serta para insan pers.

Acara yang dipusatkan di lapangan Siak bermadah depan Istana Istana Asserayah Hasyimiah itu, dihadiri langsung Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang serta Ketua PWI Siak Wiwik Widianingsih.

Hari pertama, kegiatan HPN dan HUT PWI tersebut dimeriahkan dengan pembukaan pameran Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Siak yang dibuka langsung Wakil Bupati Siak Husni Merza.

Dalam sambutannya, Husni Merza memaparkan pentingnya Digital Marketing untuk mengembangkan UMKM di era digital seperti saat ini. 

"Tujuan digital marketing ini, tidak hanya untuk memperluas target pasar, namun juga untuk mendorong pertumbuhan UMKM," kata Wabup Siak tersebut di Lapangan Siak Bermadah, Jumat (18/3).

Mengenai program digitalisasi ini, Husni mengatakan bahwa masih ada tantangan yang harus diwaspadai. Sebab menurutnya kesenjangan digital masih terjadi saat ini.

"Nah, untuk itu kita menyarankan, agar UMKM di Siak ini semuanya naik kelas, wajib mengikuti perkembangan jaman, yakni mengemas digital marketing. Tapi yang betul-betul. Jangan sekedarnya saja," ujarnya.

Husni mengatakan, pemerintah daerah juga akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pelaku UMKM agar dapat mengembangkan produknya.

"Kita berencana membuat Mal UMKM. Ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Siak," kata Husni.

Tidak hanya sekedar mempromosikan, lanjut Husni, Mal UMKM ini nantinya juga dapat mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Siak untuk mendapatkan produk-produk dari UMKM yang belum terpromosikan dengan baik.

"Dengan adanya Mal UMKM ini, wisatawan yang datang ke mari nantinya juga makin gampang mendapatkan oleh-oleh khas Siak. Rata-rata pelaku UMKM di sini kan produk makanan. Maka itu, makanan yang di jual harus tahan lama. Tapi sehat untuk dikonsumsi," kata Wabup Siak Husni Merza.

Sementara dihadiri kedua nantinya, PWI Provinsi Riau dan PWI Kabupaten Siak akan menggelar makan bersama berhidang di panti asuhan As Sidiqiyah Siak Sri Indrapura.

Dihari puncak HPN, yakini dihari ketiga di semarakkan gowes sepeda yang akan diikuti oleh Gubernur Riau, Kapolda Riau, Ketua PWI Provinsi Riau, pelajar dan masyarakat Kabupaten Siak dengan bertaburan hadiah doorprize.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index