Berikut Cara Atasi Pilek pada Anak, Jangan Langsung Kira Gejala Omicron!

Berikut Cara Atasi Pilek pada Anak, Jangan Langsung Kira Gejala Omicron!
Cara atasi anak terserang flu (Foto: Today)

Riauaktual.com - GEJALA Omicron yang dapat berupa pilek, flu atau batuk menimbulkan kecemasan bagi orangtua. Pasalnya, anak seringkali mengalami gejala tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dokter Spesialis Anak, Robert Soetandio menerangkan alasan anak mudah mengalami pilek atau flu karena masih dalam proses perkembangan atau belum sempurna. Rasa ingin tahu mereka yang begitu besar terhadap hal baru, sulit bagi orangtua untuk membatasi kontak penularan Covid-19.

Anak Flu

"Sifat keingintahuan seorang anak yang besar terhadap hal baru dan ketergantungan anak dengan orang lain membuat kita sulit membatasi kontak penularan," ujar Dr. Robert Soetandio, SpA, M.Si.Med, Spesialis Anak sebagaimana dikutip dari MNC Portal (okezone.com), Senin (21/2/2022)

Sementara untuk penanganan terhadap anak yang terkena pilek atau flu, orangtua perlu memahami ini, antara lain:

- Penyebab influenza sebagian besar adalah virus, sehingga penggunaan antibiotik tidak diperlukan.

- Jaga cairan tubuh, harus cukup agar lendir mudah dikeluarkan.

- Jaga suhu ruangan dan kelembaban secara optimal

- Berikan nasal irigasi (prosedur medis bertujuan mengatasi hidung yang tersumbat dan mengalami iritasi) untuk membersihkan hidung.

- Nutrisi Baik/Jaga asupan yang dikonsumsi sehingga dapat melawan virus.

- Jika dengan pemeriksaan laboratorium bisa dipastikan virus influenza, dapat diberikan antivirus (PERTIMBANGKAN COST BENEFIT LABORATORIUM DAN HASIL). Jika belum sembuh 5-7 hari pikirkan infeksi sekunder.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index