Melonjak Sejak 5 Hari Terakhir, Kasus Aktif di Pekanbaru Kini Capai 3.290

Melonjak Sejak 5 Hari Terakhir, Kasus Aktif di Pekanbaru Kini Capai 3.290
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru terus alami peningkatan. Saat ini kasus aktif mencapai 3.290 kasus. Jumlah ini berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru hingga, 19 Februari 2022.

Konfirmasi kasus harian terdata bertambah hingga 400 kasus lebih. Hal ini terjadi sejak lima hari belakangan. Masyarakat diminta waspada terhadap penularan Covid-19. 

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (20/2/2022). 

Menurutnya, lonjakan kasus terjadi karena hasil tracing atau penelusuran kontak erat pasien positif covid. Ia menilai lebih dari 50 persen tambahan kasus merupakan hasil tracing kontak erat pasien. 

Sebagian besar pasien positif ini berasal dari klaster keluarga. Salah satu dari Anggi kelurga mereka memiliki riwayat perjalanan dari luar kota sehingga ditularkan ke keluarga. 

"Untuk kemarin, jumlah konfirmasi kasus harian ada tambahan sebanyak 499 kasus," ulasnya. 

Sementara untuk pemetaan zona resiko Covid-19 per kecamatan, dari total 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru, 11 kecamatan berada di zona oranye dan 4 kecamatan lainnya berada di zona kuning.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index