Apa Ada Manfaat dari Minum Air Hangat saat Batuk?

Apa Ada Manfaat dari Minum Air Hangat saat Batuk?
Ilustrasi air hangat. shutterstock

Riauaktual.com - Bagi banyak orang, hal pertama yang dilakukan pada saat batuk adalah minum air hangat. Konsumsi air hangat ini ternyata memiliki manfaat sehat yang tidak bisa disepelekan.

Dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar Primadia Nariswari atau yang juga akrab disapa dr Ning mengungkapkan beberapa di antaranya.

"Minum air hangat bisa meredakan radang dan rasa nyeri, juga bisa memberikan efek rileks," ujar Ning beberapa waktu lalu.

Hal tersebut pun selaras dengan saran yang diberikan oleh US Food and Drug Administration (FDA). Menurut FDA, makanan atau minuman seperti air hangat, teh hangat, sup yang disajikan hangat memang bisa menenangkan batuk yang sedang dialami.

Ning pun menjelaskan bahwa ada makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang mengalami batuk, yang juga mungkin telah sering Anda dengar.

"Kalo batuk paling jangan makan gorengan karena salah satu komponen minyak goreng bisa menambah radang atau iritasi yang terjadi," kata Ning.

Larangan Air Dingin

Berkebalikan dari air hangat yang dianggap sebagai obat, air dingin dianggap bisa berdampak buruk pada saat seseorang batuk. Benarkah hal ini?

Namun sebenarnya, es tidak selalu menjadi masalah dan memperburuk kondisi batuk yang sedang dialami. Hal terpenting adalah perhatikan reaksi yang ditimbulkan usai meminum air dingin.

"Jika batuknya bukan alergi, enggak masalah minum es saat batuk. Tapi jika batuknya termasuk alergi, minum es bisa memperberat keradangan yang terjadi karena alergi dingin," kata Ning.

"Pada prinsipnya, jika minum es tidak memperberat batuknya tidak masalah," tandasnya.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index