Diskes Sebut BOR Rumah Sakit di Pekanbaru Masih Mencukupi

Diskes Sebut BOR Rumah Sakit di Pekanbaru Masih Mencukupi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menyebut keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di seluruh rumah sakit Kota Pekanbaru masih mencukupi. Pemerintah kota telah mempersiapkan untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19. 

Kondisi ini sesuai dengan jumlah pasien covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit. Ada 103 orang pasien terkonfirmasi di Kota Pekanbaru yang menjalani isolasi di rumah sakit. BOR atau keterisian tempat tidur di rumah sakit dibanding kasus yang ada hanya lima persen.

Total ruang isolasi yang tersedia mencapai 812 tempat tidur. Ruang isolasi ini tersedia di 23 rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

"Jadi untuk keterisian tempat atau BOR kita di rumah sakit hanya lima persen," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (18/2/2022). 

Menurutnya, kondisi BOR pada saat ini lebih rendah atau lebih sedikit dibandingkan varian delta. Saat kasus varian delta meningkat kondisi rumah sakit penuh dengan pasien yang terkonfirmasi.

Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta. Dinas juga menyurati pihak rumah sakit agar jangan sekali-kali mengalihkan tempat tidur isolasi covid-19 dengan tempat tidur pasien umum.

Pihak rumah sakit harus menyediakan minimal 50 persen dari total tempat tidurnya harus untuk pasien isolasi covid-19. Mereka harus menyediakan ruang isolasi dan ICU khusus pasien covid-19.

"Kami juga memastikan ketersediaan obat dan oksigen di rumah sakit, puskemas serta IFK mencukupi," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index